1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

7 Makanan Sehat yang Bikin Diet Gagal

Ternyata tidak semua makanan sehat dapat melancarkan diet Anda.

By Azalia Amadea 2 Januari 2016 13:55
Ilustrasi gagal diet (Foto: taghzya.com)

Money.id - Selama ini, diet merupakan jalan utama untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Diet dilakukan dengan cara hanya memakan makanan yang rendah lemak, rendak karbohidrat, dan hanya memakan sayuran serta buah-buahan.

Ternyata tidak semua makanan yang selama ini Anda anggap baik sebagai sumber kelancaran diet, benar-benar baik untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Tidak semua sayuran serta buah ataupun makanan kaya serat seperti gandum dapat melancarkan diet Anda.

Dilansir dalam laman boldsky.com Sabtu, 2 Januari 2016 ketahuilah berikut makanan yang kelihatannya baik untuk melancarkan diet ternyata malah mengagalkan diet Anda.

Alpukat

Foto: health.com

Superfood ini memang kaya akan lemak jenuh baik, nutrisi, antioksidan, serat yang dapat menjaga jantung tetap sehat. Tetapi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, buah ini tidak cocok untuk Anda santap.

Alpukat mengandung lemak dan kalori yang padat. Seperlima dari buah alpukat terdiri dari 50 kalori, jika Anda memakan satu buah maka kalori yang dihasilkan sebanyak 350 kalori.

Salad tuna

Makanan satu ini merupakan makanan favorit dalam kalangan pediet, karena rasa tuna yang bercampur dengan sayuran mentah membuat tetap nikmat. Dalam sajian salad tuna kebanyakan mereka menyajikan dengan tuna kalengan.

Dalam satu porsi tuna kalengan terkandung 39 gram protein hanya dalam 179 kalori. Menjadi masalah ketika memakannya kebanyakan ditambahkan dengan mayoneis, yang dapat menambah 90 kalori dan 10 gram lemak per satu sendok suapan.

Sushi

Foto: belmontmarket.com

Sushi juga dianggap sebagai teman makan para pediet yang nikmat lagi sehat. Namun sushi menggunakan ikan mentah yang akan merusak jumlah asupan kalori Anda.

Sushi kebanyakan hadir dengan bahan-bahan yang berkalori tinggi seperti krim, mayoneis pedas, tempura udang, dan nasi putih. Sushi juga mengandung banyak natrium yang dapat membuat perut Anda mudah kembung.

Sandwich

Kebanyakan mereka yang melakukan diet menjauhi untuk memakan nasi, dan menggantinya dengan roti atau tortilla. Namun banyak juga keburukan yang akan didapat setelah makan dari bahan pengganti nasi tersebut.

Jauhkan memakan tortilla sandwich yang berukuran 6-8 inci, karena akan menambah jumlah kalori cukup banyak dalam tubuh. Pastikan juga bahwa sajian tortilla atau roti yang Anda makan merupakan tortilla atau roti dengan 100 persen gandum.

Burger sayuran

Foto: foodmart.com.bd

Burger sayuran menjadi menu andalan yang mudah dimasak di rumah. Dengan harapan burger sayuran akan rendah lemak dan kolesterol, daripada burger daging pada umumnya.

Namun dalam roti tersebut dapat menumpukkan jumlah kalori dalam tubuh Anda hingga 1000 kalori, apalagi jika ditambah dengan keju, saus tomat dan mayoneis.

Tahu

Tahu memang terbuat dari kacang kedelai, yang kaya akan zat besi, kalsium, protein. Dalam satu kotak tahu besar terkandung 94 kalori.

Menimbulkan masalah dan dapat menggagalkan diet Anda jika diolah dengan cara digoreng, yang berakibat penimbunan lemak dalam tubuh.

Keju

Foto: leeners.com

Keju merupakan sumber protein yang baik dan sumber kalsium, namun tentunya saja kaya juga akan lemak dan kalori. Dalam 1 ons keju cheddar mengandung 113 kalori dan 9 gram lemak jenuh.

Jika Anda merupakan 'cheese holic' sebaiknya Anda membatasi memakan keju, dan menggantinya dengan keju rendah lemak. Memang keju biasa lebih terasa nikmat, namun berdampak buruk bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Anda dapat memakan keju kambing yang mengandung asam lemak, yang dapat membuat Anda cepat merasa kenyang. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section