1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Tepat Cairkan Daging Beku

Cara mudah dan cepat cairkan daging yang beku, akibat terlalu lama disimpan di freezer.

By Azalia Amadea 4 Januari 2016 16:54
Ilustrasi daging beku (Foto: wisegeek.org)

Money.id - Terkadang para ibu tak langsung mengolah daging setelah dibeli. Mereka sering menyimpannya dulu di lemari es. Akibatnya, ketika ingin dimasak daging tersebut susah untuk dicairkan karena terlalu membeku.

Bila daging telah disimpan dalam freezer, ada cara yang harus diperhatikan agar daging dapat mencair sempurna sehingga tidak merusak tekstur daging tersebut.

Bila daging sapi tidak cair sempurna Anda juga akan kesulitan dalam mengolahnya, sehingga tingkat kematangan pun tidak akan sempurna. Namun mencairkan daging dengan cara yang salah juga dapat menimbulkan berkembangbiaknya bakteri.

Foto: huffingtonpost.com

Dilansir dalam laman bango.co.id Sabtu, 2 Januari 2016 berikut cara yang aman dan tepat dalam mencairkan daging sapi yang terlanjur beku.

Menyimpannya dalam kulkas

Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencairkan daging, sekaligus mencegah timbulnya bakteri jahat. Namun cara ini memakan waktu yang lama yaitu semalaman utnuk daging cincang dan daging sapi tanpa tulang. Sedangkan, untuk daging sapi dengan tulang, akan lebih membutuhkan waktu lama, yaitu sekitar 2 hari.

Setelah mencair sebaiknya daging sapi segera diolah, paling lambat 3 hari kemudian.

Rendam dalam air dingin

Daging yang sudah membeku tersebut taruh dalam wadah yang sudah berisi air dingin, lalu tutup rapat. Rendam daging dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit.

Daging sapi kemasan kecil dapat mencair dalam kurun waktu 1 jam, sedangkan daging dengan berat sekitar 2 kg membutuhkan sekitar 2-3 jam. Namun jangan membiarkan daging terendah lebih dari 4 jam, karena akan merusak tekstur daging tersebut.

Dicairkan dalam microwave

Microwave biasanya memiliki fitur “defrost” untuk mencairkan daging sapi beku yang bisa Anda gunakan. Setelah dicairkan dengan microwave, daging sapi sebaiknya langsung diolah. Sebab, bisa jadi sebagian daging mungkin sudah termasak saat dipanaskan dengan microwave.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat mencairkan daging sapi beku, yaitu; daging sapi beku yang telah dicairkan sebaiknya segera diolah dan tidak dibekukan lagi. Jaga agar cairan yang keluar dari daging saat mencair tidak mengenai piring ataupun peralatan masak lainnya, karena cairan tersebut bisa mengkontaminasi masakan dan peralatan masak dengan bakteri.

Penanganan daging sapi beku yang cermat membantu menjaga kebersihan masakan Anda. Masakan pun bebas bakteri dan aman dikonsumsi. Masakan Anda pun tidak hanya nikmat, tapi juga sehat.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section