1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat, Ternyata Begini Cara Hilangkan Rasa Pahit Pare

Berikut cara tepat dan praktis menghilangkan rasa pahit pada masakan berbahan pare.

By Azalia Amadea 20 September 2016 11:09
Pare (ibu-hamil.web.id)

Money.id - Banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Tapi tidak sedikit juga orang yang menyukai pare justru karena rasa pahitnya. Biasanya rasa pahit pare diseimbangkan dengan campuran bahan lain seperti ikan teri yang asin.

Selain itu, ternyata masih banyak cara lain yang dapat membuat sajian pare tidak lagi terasa pahit. Melansir laman resepcaramasak.com, Selasa 20 September 2016, berikut cara tepat dan praktis menghilangkan rasa pahit pada masakan berbahan pare. 

Pare
© 2016 money.id/merdeka.com

1. Cara ini adalah yang paling sering dilakukan yaitu dengan menambahkan taburan garam pada potongan pare. Sebelum diberi garam sebaiknya buang terlebih dahulu biji pare dan selaputnya yang berwarna putih. Kemudian iris pare tipis-tipis, beri taburan garam dan remas-remas hingga pare lunak.

Diamkan pare selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, cuci pare hingga bersih di air yang mengalir. Selain garam, gula pasir juga dapat menghilangkan rasa pahit pada pare dengan cara yang sama.

2. Cara yang kedua adalah dengan daun jambu biji. Caranya cukup mudah, ambil daun jambu biji sebanyak 10 lembar untuk 1/2 kilogram pare. Bersihkan biji dan selaput pare kemudian cuci dan rebus selama lima menit bersama daun jambu biji yang sudah diremas-remas sebelumnya. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.

3. Terakhir, Anda dapat menghilangkan rasa pahit pada pare dengan tanah liat. Caranya cukup bersihkan pare, lalu rebus dengan tanah liat yang dikeringkan. Metode ini sama dengan teknik menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Tanah liat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section