1. HOME
    2. FOODILICIOUS
KULINER NUSANTARA

Ini Cara Mudah Mengetahui Perbedaan dan Kegunaan Bumbu Dapur

Terkadang orang suka salah menggunakan bumbu karena bentuknya yang hampir serupa.

By Azalia Amadea 13 September 2016 15:29
Ilustrasi aneka bumbu dapur (masakanpraktis.com)

Money.id - Masakan Indonesia akan terasa nikmat jika menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Bumbu dapur biasa orang menyebutnya terdiri dari beragam jenis, bentuk dan rasa. Setiap bumbu juga memiliki fungsinya masing-masing.

Terkadang orang suka salah menggunakan bumbu karena bentuknya yang hampir serupa. Akibatnya salah memasukan bumbu masakan jadi terasa tidak nikmat. Jangan khawatir, mengutip buku "Mudah Memasak Kuliner Nusantara" terbitan Bango, berikut jenis-jenis bumbu dapur dan kegunaannya.

Jahe 

jahe
© 2016 money.id/guiltfreefoofguide.com

Jahe memiliki aroma yang kuat dan sedikit terasa pedas. Kulit dan daging jahe berwarna kuning keputihan. Bumbu ini biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut. Agar jahe tahan lama sebaiknya jahe disimpan di tempat kering dalam suhu ruangan, jangan simpan jahe dalam lemari pendingin.

Kunyit 

kunyit
© 2016 money.id/doctoroz.com

Kunyit paling mudah dibedakan karena warnanya yang oranye. Bumbu ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan tidak berjari banyak seperti jahe. Kunyit biasa digunakan untuk memberi warna pada masakan seperti ayam goreng, gulai dan makanan berkuah kuning lainnya. Karena rasanya yang sedikit getir sebaiknya kunyit dibakar terlebih dahulu sebelum dikupas.

Kencur 

kencur
© 2016 money.id/kencur.org

Banyak yang menyebut kencur sebagai kembarannya jahe. Maka dari itu, banyak orang yang salah menggunakannya. Kencur dapat dibedakan dari bentuknya yang lebih ramping dari jahe, kulitnya berwarna cokelat serta lebih pendek. Rasa kencur juga sangat kuat dan khas sehingga bumbu ini biasa digunakan dalam sajian sambal tauco atau urap sayur. 

Bersambung ke halaman berikutnya...

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section