1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER NUSANTARA

Yuk, Mengenal 3 Bumbu Dasar Tradisional Indonesia

Terdapat tiga bumbu dasar yang selalu digunakan dalam makanan-makanan Indonesia, berikut ulasannya.

By Azalia Amadea 6 September 2016 11:35
Bumbu dasar masakan Indonesia (chefbyaccident.com)

Money.id - Kuliner Indonesia populer dengan kekayaan cita rasa masakannya yang dapat membuat warganya rindu. Hal ini karena hampir dalam di setiap sajian masakan tradisional menggunakan campuran bumbu-bumbu khusus yang menghasilkan cita rasa khas kuliner Tanah Air.

Mengutip buku "Mudah Memasak Kuliner Indonesia" yang diterbitkan oleh Bango, terdapat tiga bumbu dasar yang selalu digunakan dalam makanan-makanan Indonesia. Apa saja ketiga bumbu tersebut? Berikut ulasannya.

Bumbu dasar putih 

Bumbu dasar putih
© 2016 money.id/budiboga.blogspot.com

Sesuai namanya, bumbu dasar ini memang benar berwarna putih. Warna putih yang dihasilkan berasal dari campuran bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar yang dihaluskan. Biasanya bumbu ini digunakan sebagai bumbu dasar dalam sajian masakan seperti lodeh, soto, sayur sup, dan opor putih.

Bumbu dasar kuning 

Bumbu dasar kuning
© 2016 money.id/budiboga.blogspot.com

Selain bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning juga banyak disajikan sebagai bumbu pada masakan seperti ayam goreng, ayam bakar, gulai, opor kuning, dan soto. Bumbu dasar kuning berasal dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan kunyit yang sudah dihaluskan sehingga menjadi pasta.

Bumbu dasar merah 

Bumbu dasar merah
© 2016 money.id/kemiri.co

Bumbu dasar yang terakhir adalah bumbu dasar merah. Bumbu dasar merah terbuat dari bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan cabai merah yang dihaluskan. Bumbu bercita rasa pedas ini biasa digunakan untuk memasak sajian ayam panggang, balado, dan aneka masakan sambal goreng.

Ketiga bumbu dasar tersebut akan semakin nikmat dengan tambahan rempah pelengkap seperti daun salam, sereh ataupun daun jeruk. Bahan pelengkap tersebut dapat ditambahkan sesuai kebutuhan dan resep masakan yang akan dibuat. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section