1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Agar Tak Lodoh, Begini Cara Tepat Olah Mi dan Nasi

Berikut tips mengolah mi dan nasi yang tepat agar tidak lembek (lodoh).

By Azalia Amadea 7 September 2016 10:01
Sajian mi dan nasi (foodfunk.ca)

Money.id - Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan mi dan nasi. Kedua jenis makanan berkarbohidrat tersebut dapat dikatakan sebagai makanan sehari-hari mereka. Mi dan nasi biasanya nikmat disajikan dengan cara digoreng, lalu ditambahkan lauk-pauk.

Namun terkadang mi dan nasi menjadi terlalu lembek dan bahkan lengket. Hal tersebut dipicu oleh cara mengolah nasi dan mi yang salah. Mengutip buku "Mudah Memasak Kuliner Nusantara" terbitan Bango, berikut tips mengolah mi dan nasi yang tepat agar tidak lembek (lodoh).

Mi 

mi kuning
© 2016 money.id/healthguru.sg

Dalam mengolah mi, baik mi kering maupun basah sebaiknya direbus dahulu sebelum digunakan. Cara ini dapat membuat mi kering jadi lembut dan mi basah bersih dari bahan-bahan kimia.

Sebelum merebus mi, pastikan air sudah benar-benar mendidih agar mi tidak terlalu lama direbus sehingga tidak menjadi lembek. Barulah selanjutnya, mi dapat diolah kembali. Ketika membuat mi goreng juga jangan terlalu lama mengaduknya agar mi tidak patah.

Nasi 

nasi putih
© 2016 money.id/recipeshubs.com

Sedangkan, jika ingin mengolah nasi goreng sebaiknya gunakan sedikit air ketika memasak nasi putih agar tidak lembek. Karena ketika nasi dicampur dengan bumbu dan digoreng nasi akan semakin matang.

Pemilihan beras juga dapat mempengaruhi kenikmatan saat menyantap nasi. Pilihlah beras yang bersih dari gabah, batu dan kutu. Pastikan juga beras kering dan tidak lembap. Lalu butiran berasnya masih utuh bukan yang sudah patah-patah. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section