1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Begini Cara Buat Kaldu Ayam Gurih Ala Rumahan

Kaldu ayam alami yang nikmat memiliki ciri-ciri kuahnya berwarna bening dan terasa gurih.

By Azalia Amadea 14 September 2016 15:25
Kaldu ayam (mementobracelet.wordpress.com)

Money.id - Kaldu ayam banyak digunakan dalam sajian berkuah seperti sup atau soto. Sayangnya saat ini orang lebih sering menggunakan kaldu bubuk dengan campuran MSG karena dirasa praktis dan lebih lezat. Meski lebih lezat kandungan MSG dalam kaldu bubuk tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Maka penggunaan kaldu ayam alami adalah cara tepat untuk mengurangi konsumsi MSG. Kaldu ayam alami yang nikmat memiliki ciri-ciri kuahnya berwarna bening dan terasa gurih. Mengutip buku "Mudah Memasak Kuliner Nusantara" terbitan Bango, berikut cara tepat membuat kaldu ayam alami ala rumahan. 

kaldu ayam
© 2016 money.id/olalababies.com

1. Untuk membuat kaldu sebaiknya gunakan jenis ayam kampung agar aroma kaldunya terasa segar dan tidak berbau amis. Jika ayam kampung harganya terlalu mahal Anda dapat menggunakan jenis ayam broiler yang harganya lebih terjangkau.

2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah rebus ayam di air mendidih agar kaldu tidak keluar. Perebusan ini dilakukan hanya untuk melarutkan lemak jahat dan kotoran. Setelah air terlihat berbusa dan sedikit keruh, buang airnya lalu cuci kembali ayam.

3. Selanjutnya, rebus kembali ayam dalam air dingin yang sudah diberi potongan jahe. Cara ini akan membuka pori-pori ayam agar dapat mengeluarkan kaldunya.

4. Selain daging ayam, tulangnya juga dapat dibuat menjadi kaldu. Hanya saja Anda membutuhkan banyak tulang yaitu sekitar 2.000 gram lalu rebus dengan air dingin. Untuk menambah aroma kaldu masukan campuran jahe, daun salam, daun bawang, cengkeh, bawang bombay, kentang dan wortel.

5. Rebus kaldu tulang ayam selama dua jam lamanya. Setelah kaldu matang, saring kuahnya. Bagi kuah kaldu dalam beberapa plastik dan masukan ke dalam freezer untuk persediaan kaldu di kulkas.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section