1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Sering Gonta-ganti Pekerjaan? Ini Dampak Positif dan Negatifnya

Jika Anda memutuskan untuk menjadi 'kutu loncat' sejak awal, pertimbangkan hal-hal berikut ini demi perjalanan karier Anda.

By Dian Rosalina 24 September 2016 11:09
Ilustrasi Mencar Pekerjaan

Money.id - Fenomena 'kutu loncat' dalam dunia kerja selalu mengundang pendapat pro dan kontra. Kebanyakan generasi milenial selalu haus akan tantangan baru dalam pekerjaan dan tak akan menemukan kepuasan dengan hanya bekerja di satu tempat saja.

Nah apakah Anda termasuk orang yang setia dengan perusahaan atau slealu ingin mencari tantangan baru dan mengerjakan tugas yang berbeda di perusahan lain? Jika Anda memutuskan untuk menjadi 'kutu loncat' sejak awal, pertimbangkan hal-hal berikut ini demi perjalanan karier Anda yang dikutip dari Qerja, Jumat 23 September 2016.

Pengalaman Kerja

Setiap kali pindah pekerjaan dan perusahaan, Anda akan mendapat pengalaman kerja baru. Hal ini merupakan modal yang bagus untuk melamar kerja ke tempat berikutnya. Dengan catatan keberhasilan proyek, beragam keahlian serta rekomendasi dari bos di perusahaan sebelumnya, bisa jadi Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dari atasan untuk bertanggung jawab pada sebuah pekerjaan.

Jaringan Luas

Bekerja di banyak perusahaan membuat Anda mengenal banyak orang. Anda harus menjaga hubungan baik dengan rekan sejawat dan atasan di perusahaan sebelumnya. Sebab nantinya mereka bisa menjadi 'penolong' dalam kemajuan karier Anda di perusahaan sebelumnya.

Jadi tawaran pekerjaan bagus akan datang dari orang-orang yang ada pada jaringan Anda. Mereka akan memberikan testimoni betapa bagusnya kinerja Anda.

Exposure

Melakukan banyak jenis pekerjaan berbeda akan membuat Anda memahami cara kerja berbagai jenis bisnis dan sektor industri. Anda juga tahu bagaimana berbagai sektor jasa dan industri saling mendukung, dan itu akan membuat keterampilan Anda semakin berkembang.

Kesempatan Promosi

Salah satu alasan seseorang pindah kerja adalah karier yang tak kunjung berkembang. Anda mungkin sudah bosan menunggu kesempatan mendapatkan promosi dari atasan. Maka Anda akan memilih tawaran dari perusahaan lain dengan jabatan lebih tinggi, titel yang lebih bagus, dan gaji yang lebih besar tentunya.

Peningkatan Pendapatan

Survei membuktikan bahwa seseorang yang berpindah tempat kerja mendapat kenaikan gaji sekitar 10-20 persen. Besaran peningkatan pendapatan tersebut jauh lebih btinggi dibandingkan dengan rata-rata kenaikan gaji satu perusahaan.

Jika Anda ingin mengetahui dampak negatifnya dari sering berpindah tempat kerja, klikĀ link ini. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section