1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Siasat Menghadapi Bos yang Gila Kerja

Pastikan bahwa atasan Anda paham jika para karyawan pun punya batasan pribadi.

By Adhi 17 Agustus 2016 19:02
Ilustrasi (adweek.com)

Money.id - Anda menyukai pekerjaan yang dijalani dan menghormati atasan, tapi ada satu hal kecil yang kurang mengenakkan. Bos Anda adalah seorang yang gila kerja dan punya ekspektasi tinggi terhadap hasil kerja.

Tidak jarang Anda dihubungi di luar jam kerja atau diberi tugas tepat sebelum akhir pekan, sampai rasanya hampir tidak pernah punya waktu untuk diri sendiri.

Sebagai pegawai yang baik, Anda tentu tidak merasa pantas menolak mentah-mentah tugas yang diberikan. Tapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa atasan Anda paham jika para karyawan pun punya batasan pribadi.

1. Tetapkan tenggat waktu dan batasan pribadi

Bila Anda dikirimi email atau pesan berisi tugas di luar jam kerja atau akhir pekan, balas saja, namun jangan sekedar diiyakan. Kecuali tugas tersebut memang urgent, tetapkan dengan tegas waktu realistis yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut dan buat batasan agar tidak dibombardir pesan dari beliau di waktu pribadi.

2. Antisipasi tugas lebih awal

Jelang akhir pekan, Anda sudah bersiap-siap melirik pintu keluar, tapi mendadak Anda dipanggil bos dan diberikan tugas yang harus selesai hari Senin. Terdengar sangat familiar?

Jika Anda tahu bos punya kebiasaan seperti ini, coba antisipasi sebelum terjadi. Bila Anda punya waktu lowong, sampaikan pada atasan bahwa Anda sudah menyelesaikan tugas dan tanyakan langsung apa ada tugas lain yang perlu dikerjakan.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section