1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Limit Kartu Kredit Kamu Kurang Tinggi? Coba 5 Tips Ampuh Ini!

Salah satu kendala dalam menggunakan kartu kredit adalah limit yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

By Dwifantya Aquina 16 Agustus 2016 11:02
Ilustrasi kartu kredit (creditlaw.com)

Money.id - Kartu kredit bukanlah barang yang asing lagi bagi masyarakat. Kartu sakti ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya sebagai salah satu alat bantu transaksi yang paling disukai. Fitur utama dari kartu kredit adalah menunda pembayaran ke tanggal jatuh tempo. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penghematan sehari-hari dengan memanfaatkan fitur lain seperti diskon, cashback, dan sebagainya.

Salah satu kendala dalam menggunakan kartu kredit adalah limit yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau kamu sudah yakin bahwa limit kartu kredit kamu memang perlu ditingkatkan, simak beberapa tips ampuh berikut:

1. Minta setelah kartu kredit digunakan minimal satu tahun

Bank tentu ingin melihat nasabahnya aktif dan loyal terhadap penggunaan kartu kredit. Biasanya salah satu indikator untuk melihat loyalitas nasabah adalah dari lama penggunaan kartu kredit yang dimilikinya.

Jadi, usahakan agar kamu selalu aktif menggunakan kartu kredit minimal satu tahun. Kalau sejak awal kamu minta agar limit kartu kredit kamu dinaikkan, maka bank tidak dapat mengecek rekam jejak kredit kamu. Akibatnya, permintaan kamu kemungkinan akan ditolak.

Baca juga: 4 Poin Penting Sebelum Gunakan Pinjaman untuk Menikah

2. Jadilah pemakai yang aktif

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah aktif bertransaksi menggunakan kartu kredit. Kalau kamu baru menerima kartu kredit lalu berharap limitnya naik dengan sendirinya tanpa kamu pernah atau jarang menggunakannya, bank juga tidak akan melihat pentingnya meningkatkan limit kartu kredit kamu.

Baca juga: 3 Cara Jitu untuk Bertahan Hidup dan Bangkit Kembali dari Situasi Bokek

3. Sebaiknya lakukan pembayaran tagihan selalu dibayar tepat waktu

Kalau kamu sering telat bayar atau bahkan kelamaan gak bayar tagihan kartu kredit kamu, bank tentu akan memiliki tanda tanya besar kalau kamu ingin meminta limit kartu kredit kamu naik. Sudah susah melunasi tagihan, malah minta limit naik. Bisa-bisa kamu dianggap benalu. Pastikan agar kamu tidak membayar lebih telat dari tanggal jatuh tempo tagihan ya.

Baca juga: 3 Alasan Sederhana Mengapa Deposito Membuatmu Jadi Kaya!

4. Pakailah kartu kredit mendekati limitnya

Ini merupakan salah satu cara yang cukup jelas ya. Misalnya, kartu kredit kamu limitnya Rp 4 juta, tapi rata-rata pemakaian kamu hanya sekitar 10% atau Rp 400 ribu saja. Sekarang kalau kamu ingin limit kartu kredit naik, bank tidak melihat adanya keperluan untuk meningkatkan limit kartu kredit kamu dengan penggunaan sekecil itu.

Kamu bisa memanfaatkan setidaknya 80% dari limit kamu. Namun, perlu kamu ingat bahwa cara ini bisa dijalankan kalau memang pengeluaran bulanan kamu cukup besar. Jangan sampai kamu membuat pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu hanya demi meningkatkan limit kartu kredit kamu.

5. Gunakan ancaman

Kamu juga bisa berpura-pura mengancam akan menutup kartu kredit kamu. Bank tentu tidak ingin kehilangan pendapatannya karena ada nasabah yang ingin menutup kartu kreditnya. Selain itu, biaya untuk mempertahankan nasabah lebih murah dibandingkan mencari nasabah baru. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu berhasil. Kamu bisa siapkan dulu kartu kredit cadangan untuk berjaga-jaga.

Ingatlah agar kamu hanya menggunakan kartu kredit dengan limit yang tinggi tersebut untuk kebutuhan kamu ya. Kalau kamu sampai boros dan menunggak banyak utang kartu kredit, yang akan sulit tentunya kamu sendiri di masa depan. Carilah kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu agar kamu bisa tetap hemat. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar lebih mudah melakukannya.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section