1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Sadari 5 Hal Ini, Maka Anda Tidak Akan Miskin Saat Pensiun

Jika hidup Anda hanya dihabiskan dengan mengikuti tren, maka bisa dipastikan di saat pensiun Anda bakal mengalami kesulitan keuangan.

By Dwifantya Aquina 11 Agustus 2016 15:17
Pensiun dalam keadaan mapan tentu sangat diharapkan oleh banyak orang (Pinterest)

Money.id - Semua orang selalu ingin hidup bahagia ketika menikmati hari tua. Tidak ada yang akhirnya harus hidup susah di saat pensiun.

Bicara tentang persiapan finansial di masa pensiun, ketika Anda masuk di usia 40 tahun, maka itu adalah masa paling genting. Pada periode tersebut sudah semakin dekat dengan masa pensiun.

Jika tidak dipersiapkan dengan baik, Anda akan kesulitan finansial di usia tua. Agar bisa menghindarinya, berikut lima hal yang mesti Anda sadari agar tidak menyesal di hari tua, seperti dikutip CekAja.com.

Uang adalah kebebasan

Arti dari poin ini adalah setiap uang yang Anda punya bebas diatur dan digunakan sesuka hati. Karena itu cobalah untuk selalu bijak dalam mengatur keuangan demi masa tua yang lebih terjamin.

Namun, bebas bukan artinya Anda konsumsi berlebihan dan berfoya-foya. Jika demikian uang dan harta yang dikumpulkan selama kerja habis tak bersisa. (Baca juga: Olahraga Ini Terbukti Ampuh Meningkatkan Kesehatan Jantung)

Keuangan pengaruhi hubungan

Ketika usia 40 tahun, Anda telah mencicipi pahit-manisnya suatu hubungan rumah tangga atau asmara. Di usia ini Anda juga akan menyadari urusan keuangan dan hubungan saling berkaitan. Jika keuangan bermasalah, maka hubungan Anda dan pasangan bisa terkena imbasnya. Karena itu Anda dituntut untuk lebih bijak dalam mengurus keuangan keluarga.

Tahu tentang risiko

Tidak ada orang yang dapat bebas dari risiko. Mulai dari risiko kesehatan, keamanan harta benda dan jiwa sekalipun. Di sinilah Anda perlu perlindungan asuransi untuk mengganti segala biay akerugian tersebut.

Anda juga tidak bisa menjamin jika di usia 45 tahun tidak bakal terkena penyakit berbahaya? Selain itu apakah Anda yakin 100% tidak akan mengalami kecelakaan saat mengendarakan mobil? Mulai dari sekarang lindungi diri dengan asuransi demi kehidupan yang lebih baik.

Manfaatkan utang

Anggapan bahwa hidup tanpa utang merupakan hidup yang tentram bisa saja di debat. Karena utang bisa saja produktif dan dimanfaatkan untuk menyehatkan keuangan. Misalnya dengan utang atau kredit Anda bisa membangun bisnis yang berpotensi membuat kaya raya. (Baca juga: Sejumlah Tokoh Terkenal Ini Meninggal Karena Serangan Jantung)

Selalu ikut tren yang tidak ada akhir

Gaya hidup mewah adalah sesuatu yang tidak akan ada habisnya. Jika hidup Anda hanya dihabiskan dengan mengikuti tren, maka bisa dipastikan di saat pensiun Anda bakal mengalami kesulitan keuangan.

Coba kurangi belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan mulai saat ini. Pastikan jangan karena barang tersebut sedang populer, Anda rela mengeluarkan uang banyak. Nyatanya barang tersebut tidak diperlukan.

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section