1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Pertimbangkan Hal Berikut Ini Sebelum Anda Mengajukan KPR

Namun KPR tidak hanya berhubungan dengan cicilan per bulan tapi ada hal yang perlu dipertimbangkan.

By Dian Rosalina 8 Agustus 2016 09:44
Ilustrasi Perumahan KPR (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Bagi Anda yang belum memiliki rumah sendiri dan sudah merencanakannya sejak lama untuk membeli rumah secara kredit, ada kabar gembira. Bank Indonesia akan menurunkan suku bunga kredit kepemilikan rumah bagi Anda yang ingin mengajukannya, yaitu sekitar 7-8 persen.

Tentu saja hal tersebut merupakan kabar baik bagi Anda yang sudah memiliki cicilan KPR maupun bagi yang sedang mengajukan KPR. Jelas hal tersebut akan lebih meringankan Anda.

Namun KPR tidak hanya berhubungan dengan cicilan perbulan tapi ada hal yang perlu dipertimbangkan. Dilansir dari Cermati.com, Senin 8 Agustus 2016, berikut ini ulasannya.

Pertimbangkan Gaji Bulanan

Rumah idaman sudah ada dalam cita-cita Anda, tapi ternyata gaji bulanan tidak cukup untuk membayar cicilan KPR dan belum bisa memenuhi kebutuhan lain-lain. Jika Anda harus mengincar rumah tersebut, artinya itu sudah sangat tidak realistis karena untuk cicilan KPR saja gaji sudah habis.

Rumah bagus tapi keseimbangan keuangan tidak ada, sama saja Anda kesulitan. Bila maemang sudah mantap untuk mengambil KPR, pilih saja yang sedang-sedang saja, jangan sampai melebihi batas kemapuan. Hindari kondisi keuangan tergadai hutang yang berpotesi kredit macet.

Ingin mengetahui lebih lanjut apa saja yang harus Anda pertimbangkan, klik link berikut ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section