1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Cara Aman Beli Rumah Bekas Agar Tidak Merugi

Harga rumah bekas yang miring jangan sampai membuat Anda lupa mengecek beberapa hal penting berikut ini.

By Dwifantya Aquina 10 Agustus 2016 11:29
Ilustrasi membeli rumah (bigskyink.com)

Money.id - Memiliki rumah di zaman sekarang tentunya bukan sekadar impian saja, namun lebih kepada kewajiban. Rumah jadi kebutuhan primer demi meningkatkan kualitas hidup.

Harga rumah yang cenderung meningkat setiap tahun akhirnya membuat kebutuhan satu ini penuh perencanaan finansial. Karena terkadang walau sudah memiliki uang yang cukup, beberapa pertimbangan terkadang dapat membatalkan transaksi pembelian yang Anda lakukan. Apalagi rumah yang Anda beli adalah rumah bekas.

Apa saja biasanya alasan tersebut? Simak beberapa ulasan berikut yang dikutip dari CekAja.com.

Curiga riwayat tempat

Sebelum membeli sebuah rumah, apalagi rumah yang Anda beli adalah rumah bekas, maka kegiatan menelusuri riwayat rumah menjadi hal penting. Apalagi jika rumah dijual murah di bawah harga pasar, kecurigaan mesti Anda miliki. Sebab bisa saja ada yang salah dengan rumah tersebut. (Baca juga: Serba-serbi Oper Kredit KPR dan Cara Mengurusnya)

Pertanyaannya, bagaimana jika ternyata tanah tempat rumah berdiri dulunya merupakan tanah bekas pemakaman atau pernah menjadi lokasi criminal? Anda juga mesti curiga jika kepemilihan rumah hanya berlangsung tidak lebih dari setahun. Sebab rumah tersebut bisa saja jadi objek sengketa di pengadilan. Jadi jika tidak teliti soal riwayat bisa-bisa Anda dirugikan sebagai pemilik baru.

Kebiasaan pemilik sebelumnya

Anda di sini sedang membeli rumah bekas atau rumah second. Demi menambah referensi pertimbangan yang Anda miliki, cari tahu bagaimana kebiasaan pemilik sebelumnya dalam mengurus rumah.

Sebab bila pemilik sebelumnya kurang apik atau jorok, ada kemungkinan adanya perbaikan yang harus dilakukan. Di sini artinya bicara tentang biaya tambahan untuk perbaikan. Atau bisa saja pemilik sebelumnya memelihara kucing atau anjing namun Anda orang yang alergi bulu binatang, maka kondisi ini membuat Anda tidak nyaman. (Baca juga: Strategi Ajukan KPR Rp 1 miliar Bagi Anda Berpenghasilan Kurang dari Rp 10 Juta)

Lokasi rumah

Penentuan lokasi rumah jadi hal penting dalam pertimbangan Anda. Banyak alasan yang mendasarinya. Misalnya, Anda tentu tidak ingin membeli rumah yang berada di lokasi rawan banjir. Bahkan asuransi properti pun akan menolak klaim jika rumah berada di kawasan langganan banjir.

Anda yang ingin membuka bisnis rumahan pasti akan mencari lokasi rumah di dekat tempat usaha. Sebaliknya Anda yang sedang mencari rumah guna beristirahat dengan tenang maka lokasi rumah yang dekat dengan tempat usaha bukan pilihan yang tepat. Sebab aktivitas dagang yang ramai bisa menganggu ketenangan. Pasalnya Anda pasti tidak mau ketika sedang asyik tidur lalu terbangun oleh suara mobil truk yang sedang bongkar muatan barang.

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section