1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Kenapa Pria Wajib Mapan Finansial? Ini Alasannya

Kebutuhan akhirnya bukan hanya untuk Anda saja, namun juga kesejahteraan keluarga.

By Dwifantya Aquina 9 Agustus 2016 14:22
Ilustrasi pria mapan (Pixabay)

Money.id - Banyak dari Anda sudah tentu akan setuju jika di zaman modern saat ini seorang pria mesti mapan finansial. Pasalnya banyak banyak alasan masuk akal yang dapat mendukung hal tersebut.

Terlebih jika Anda adalah pria lajang yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk membina rumah tangga secara serius. Kebutuhan akhirnya bukan hanya untuk Anda saja, namun juga kesejahteraan keluarga. Berikut adalah alasan-alasannya seperti dikutip CekAja.com:

Porsi pria biasanya lebih besar dalam biaya nikah

Walau bisa ditanggung bersama, namun biasanya dalam urusan biaya nikah biasanya pria akan bertindak sebagai pihak penyumbang yang lebih besar. Tidak sedikit juga yang melimpahkan semua biaya pernikahan kepada pihak pria.

Apalagi saat ini biaya nikah semakin mahal. Mulai dari biaya sewa gedung, katering, sampai perlengkapan lainnya terus naik dari tahun ke tahun. Ditambah kultur sebagian besar masyarakat yang menganggap pernikahan mesti dirayakan meriah. (Baca juga: 5 Keuntungan Punya Bisnis Sampingan Saat Masih Jadi Karyawan)

Rumah tidak sekadar impian, tapi kewajiban

Sebagai pria yang telah menikah atau baru berencana menikah, tentu ingin memiliki tempat tinggal sendiri dan tidak menumpang orang tua. Ditambah adanya rencana untuk miliki keturunan lebih cepat. Maka lebih dulu memiliki rumah sebelum menikah atau punya anak bukan sekadar impian, tapi merupakan kewajiban.

Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika harga rumah terus meningkat dari tahun ke tahun. Buat Anda yang tinggal di kota besar, dalam satu tahun harga rumah bisa naik hampir dua kali lipat. (Baca juga: Sederet Alasan yang Bikin Anda Batal Beli Rumah)

Mobil bisa jadi kewajiban

Walau macet sering melanda kota besar, namun memiliki mobil dianggap kebutuhan. Terutama bila Anda akan berkeluarga dan punya anak. Anda perlu memiliki mobil agar saat berpergian jauh tidak repot. Selain itu, kendaraan pribadi jadi solusi mendukung mobilisasi mengingat sarana transportasi umum yang kurang memadai dalam jumlah dan kualitas.

Menarik wanita

Zaman sekarang, seorang wanita tentu akan lebih tertarik dengan pria yang dianggap telah mapan. Saat ini alasannya bahkan tidak sekadar karena sifat materialistis. Namun pria mapan dianggap dapat mengatur sebuah keluarga dengan baik dan lebih bertanggungjawab. (Baca juga: Bedanya Pria dan Wanita Dalam Menghadapi Pensiun)

Ditambah lagi, dengan kemapanannya biasanya pria juga memiliki sikap yang bijak dalam mengelola keuangan. Akhirnya hal itu diharapkan dapat menunjang peran pria sebagai kepala keluarga nantinya.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section