1. HOME
  2. FINANCE
BANDUNG

Cari Kerja di Bandung Jadi Lebih Mudah lewat Aplikasi Ini

Cara ini akan lebih efektif dan efisien. Sebab seluruh persyaratan pelamar dikirim secara online.

By Dian Rosalina 5 Agustus 2016 10:27
Ilustrasi Aplikasi Pencari Kerja

Money.id - Biasanya seseorang yang ingin mencari pekerjaan selalu memakai cara lama untuk melamar. Seperti mencari di media cetak atau yang kini sering digunakan yaitu di website-website penyedia lowongan pekerjaan.

Namun untuk para warga Bandung, tidak perlu ribet lagi mencari pekerjaan lewat media tersebut. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan sistem aplikasi terpadu manajemen ketenagakerjaan BIMMA (Bandung Intergrated Manpower Managemen Application).

Dilansir dari Bandung Merdeka.com, Jumat 5 Agustus 2016, salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mencari lowongan pekerjaan yang kini bisa dilakukan secara online melalui portal disnaker.bandung.go.id.

Kadisnaker Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan dengan aplikasi ini para pencari kerja cukup melakukan registrasi melalui website Disnaker Bandung. Setelah melakukan registrasi, nantinya pelamar kerja dapat melihat lowongan tersedia dari perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

"Aplikasi ini berfungsi sebagai bursa kerja online dengan mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan. Kapan saja pencari kerja bisa mengirimkan daftar riwayat hidup ke perusahaan secara online dan gratis," ujar Tono.

Tono menilai cara ini akan lebih efektif dan efisien. Sebab seluruh persyaratan pelamar dikirim secara online. "Jika pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan sesuai, cara ini lebih efektif dan efisien karena mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan secara online," katanya.

Menurtu dia, selain memberikan informasi lewongan kerja secara online, aplikasi ini juga melayani pelatihan bagi masyarakat yang membutuhkan pengembangan kemampuan kerja. Cara penggunaannya sama seperti saat mendaftar lowongan kerja yang dilakukan di website.

Selain itu, aplikasi BIMMA memudahkan pihak perusahaan melaporkan sistem ketenagakerjaannya secara online kepada Pemkot Bandung. "Aplikasi BIMMQ memudahkan perusahaan dalam melakukan wajib lapor ketenagakerjaan tentang perusahaanya. Memberi kemudahan pelapor dan perkembangan usahanya," ucap Tono.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Kota Bandung saat ini mulai melakukan pendekatan teknologi untuk mempermudah segala urusan. Termasuk dalam pencarian lowongan kerja yang kini dapat dilakukan secara online.

"Karena kita masyarakat yang dekat dengan teknologi, kita buat sistem urusan mencari loker dengan aplikasi. Termasuk mencari pelatihan secara online aplikasi. Sehingga betul-betul dimudahkan, cara menyampaikannya dengan SMS blast, nomor pencari kerja yang meregistrasi diri nanti diberi pesan notifikasi via SMS blast, terkait lowongan kerja yang nyambung dengan yang dia harapkan," ujarnya. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section