1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

3 Cara Bertahan Hidup dan Bangkit Lagi Setelah 'Bokek'

Sepekan jelang gajian uang di dompetmu sudah habis? Hmm, bagaimana cara bertahan hingga akhir bulan ya?

By Dwifantya Aquina 10 Agustus 2016 12:35
Ilustrasi bokek di tanggal tua (thomtainer.com)

Money.id - Aspek keuangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, tak peduli apapun latar belakang pendidikan dan pekerjaan kamu. Ketika kamu gagal mengelola arus kas kamu sehari-hari, maka bukan tidak mungkin kamu akan sulit bertahan hidup di masa depan.

Pernahkah kamu mengalami yang namanya kehabisan uang alias bokek? Kecuali kamu berasal dari keluarga kalangan pengusaha atau selebriti yang hartanya tidak habis selama tujuh turunan, kemungkinan kamu pernah mengalami masa-masa tersebut setidaknya sekali seumur hidup.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa bertahan hidup dan keluar dari kondisi bokek membutuhkan usaha ekstra keras.

“Ketika kamu mengalami bokek, maka ada tiga hal penting yang perlu dilakukan. Mencari cara untuk bertahan hidup, berjuang untuk keluar dari kondisi bokek, dan memikirkan antisipasi agar tidak mengalami lagi kondisi bokek tersebut,” kata Jay.

Setidaknya, ada 3 cara yang terbukti jitu dan bisa kamu lakukan untuk bertahan hidup dan bangkit kembali saat bokek.

Cara pertama, gunakan uang kaget. Pernahkan kamu menyembunyikan beberapa lembar uang kertas di tempat di tempat tak terduga seperti di bagian terdalam laci lemari atau di bawah kasur? Jika iya, ambil segera uang kaget kamu dan gunakan untuk bertahan hidup beberapa hari sampai mendapat pemasukan lagi. Jika tidak, lakukan cara ini kalau berhasil bertahan dari kondisi bokek ya.

Cara kedua, hitung pengeluaran ke depan dan potong semua yang tidak diperlukan. Ini penting agar kamu benar-benar hanya mengeluarkan uang untuk pengeluaran yang benar-benar tidak bisa ditunda lagi. Coba juga lakukan negosiasi untuk biaya rutin. Misalnya kalau kamu ngekos, coba negosiasi dengan pemilik kos mengenai kondisi kamu dan berikan tenggat waktu yang wajar untuk kamu penuhi pembayarannya.

Cara ketiga, datang ke pegadaian lalu gadaikan beberapa barang yang cukup berharga untuk mendapatkan uang tunai secepatnya. Ini berguna kalau kamu tidak punya tabungan lagi. DIbandingkan dengan berhutang ke lintah darat dan bunganya tinggi, menggadaikan barang masih termasuk ke dalam cara yang cukup aman untuk bertahan hidup selama masa bokek.

Selain cara-cara di atas, tentunya masih banyak lagi cara yang dapat kamu lakukan untuk bertahan hidup di saat bokek. Pernah mengalaminya dan berhasil keluar dari masa tersebut? Kalau iya, kamu bisa bagikan pengalaman tersebut kepada orang lain dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah senilai 1 JUTA RUPIAH!

Syaratnya mudah banget kok. Kamu tinggal like Facebook HaloMoney dan 101JakFM, lalu tulis trik jitu kamu untuk bangkit kembali dari masa terbokekmu di Wall Facebook kamu sendiri. Jangan lupa tag kedua page tersebut ya dan banyak berdoa agar kamu yang terpilih untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Sebokek apapun kamu, ingatlah selalu ada jalan keluar yang baik untuk mengatasi kondisi sesulit apapun. Jadilah bijak dalam mengelola keuangan sehari-hari untuk mengantisipasi kondisi bokek di masa depan. 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section