1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Gaji Pas-pasan Tapi Mau Punya Rumah? Ini Caranya

Meskipun penghasilan kamu pas-pasan, kamu tetap punya peluang tinggi untuk memiliki rumah impian kamu sendiri kok. Hanya saja...

By Dwifantya Aquina 9 Agustus 2016 08:09
Ilustrasi KPR (Pixabay)

Money.id - Salah satu tujuan utama finansial seseorang dalam hidupnya adalah memiliki tempat tinggal sendiri seperti rumah atau apartemen. Rumah sering menjadi pilihan bagi orang yang ingin berkeluarga besar, meski kadang tergantung selera juga.

Di Indonesia terutama di kota-kota besar, harga rumah cenderung mahal dan membutuhkan uang yang banyak. Hal ini seolah meruntuhkan semangat orang-orang dengan penghasilan ngepas. Ingin punya rumah tapi gaji kecil seolah pungguk merindukan bulan.

Sebenarnya tidak juga. Meskipun penghasilan kamu pas-pasan, kamu tetap punya peluang tinggi untuk memiliki rumah impian kamu sendiri kok. Hanya saja, memang waktu yang diperlukan akan lebih lama. Coba simak 5 langkah berikut supaya kamu bisa punya rumah sendiri meski gaji ngepas.

1. Miliki tabungan yang cukup

Bagi kamu yang belum mulai menabung, maka kamu perlu mendisiplinkan diri kamu untuk mulai menabung. Begitu pula dengan kamu yang menabungnya masih bolong-bolong, kuatkan tekadmu untuk menabung dengan serius.

Sisihkan setidaknya 20% hingga 30% setiap bulan dari penghasilan kamu untuk mengumpulkan tabungan. Sebagai contoh, gaji kamu Rp 5 juta per bulan dan kamu menyisihkan 30%-nya setiap bulan, atau sekitar Rp 1,5 juta setiap bulan. Dalam 1 tahun, tabungan kamu akan terkumpul sebanyak 18 juta. Jika target kamu adalah memiliki rumah sendiri dalam tiga tahun ke depan, berarti kamu akan mengumpulkan Rp 54 juta di akhir tahun ke-3.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Ketakutan Berutang!

2. Sesuaikan spesifikasi rumah dengan kebutuhan

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah mencari rumah yang sesuai kebutuhan standar untuk kamu dan keluargamu. Kalau kamu ingin langsung memiliki rumah dengan berbagai fasilitas mewah dan terletak di pusat kota, maka kemungknan besar kamu akan semakin lama dan jauh dari memiliki rumah impian tersebut.

Setidaknya, cukup pertimbangkan harga rumah dengan lokasi, bebas banjir atau tidak, akses transportasi, dan sebagainya, kemudian pilihlah yang dirasa paling pas dengan kebutuhanmu dan budget tabungan kamu.

Baca juga: 5 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Harus Kamu Ikuti!

3. Manfaatkan fasilitas KPR

KPR merupakan salah satu fasiltias yang mempercepat kepemilikan rumah. Andaikan kamu sudah memiliki tabungan yang cukup sekalipun, kamu tetap perlu jeli saat mencari produk KPR. Selain uang muka, biaya bunga KPR merupakan komponen biaya yang terbesar yang perlu kamu siap tanggung sepanjang membayar cicilannya. Jangan malas untuk mencari dan membandingkan produk KPR yang bunganya rendah.

Baca juga: 5 Pelajaran Keuangan untuk Anak Yang Penting untuk Diajarkan Sejak Dini!

4. Lakukan penghematan

Salah satu kendala saat mengumpulkan tabungan adalah pengeluaran yang dirasa terlalu besar. Cobalah untuk menilik kembali seluruh pengeluaran kamu dan carilah celah untuk dihemat. Kamu bisa coba mencari berbagai tips hemat untuk diterapkan dalam hidup kamu sehari-hari dan mengumpulkan tabungan dengan lebih cepat.

5. Tingkatkan tabungan dengan merintis bisnis sendiri

Jalan terakhir tentunya adalah menambah sumber penghasilan, meskipun penghasilan tambahan kamu tidak signifikan. Ada banyak usaha sampingan yang bisa kamu mulai meski modal yang kamu miliki hanya sedikit, misalnya bisnis jualan online, bisnis reseller, atau bisnis gerobak makanan.

Untuk hal ini, ada baiknya tabungan kamu tetap dipertahankan untuk persiapan membeli rumah. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk mendapatkan modalnya, namun jangan lupa untuk memastikan kamu bisa membayar cicilan tiap bulannya dengan keuntungan bersih dari usaha kamu. Jadi, kamu tidak akan menunggak utang. Kamu bisa memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar lebih mudah melakukannya.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section