1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini Cara Mudah Meningkatkan Pengetahuan Finansial

Jangan terlalu menganggap berat hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan finansial, karena sesungguhnya mudah.

By Dwifantya Aquina 23 September 2016 12:01
Pentingnya punya pengetahuan tentang finansial (Pixabay)

Money.id - Pengetahuan finansial wajib untuk dikuasai semua orang. Sebab, dengan melek finansial kita bisa menyiasati persoalan hidup yang kian menantang. Namun, banyak orang malas mempelajari ilmu satu ini lantaran takut dengan kesannya yang serius dan sulit.

Padahal, finansial adalah pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari pengalaman hidup sehari-hari. Anda tidak perlu mengambil kuliah di fakultas ekonomi untuk fasih melakukan perencanaan keuangan. Lewat sejumlah cara singkat yang dikutip dari CekAja.com ini, Anda sudah bisa membuat diri Anda melek finansial:

Portal informasi finansial

Cara pertama yang paling mudah dan murah untuk meningkatkan pengetahuan finansial Anda adalah membaca portal informasi finansial. Ada banyak portal berita khusus seputar ekonomi bisnis dan investasi. Anda tinggal pilih yang paling cocok dengan Anda. (Baca juga: Lima Pebisnis Sukses yang Berawal dari Usaha Kecil)

Berlangganan news letter finansial

Saat ini sudah banyak news letter gratis yang khusus membagikan tips tips seputar finansial. Menariknya lagi, tips-tips tersebut disajikan dalam bentuk yang unik dan menarik serta langsung dikirim pada alamat email Anda secara berkala. Dan, yang paling penting news letter tersebut gratis. Untuk mendapatkan news letter semacam ini, kunjungi portal perbandingan produk finansial atau blog finansial yang mudah ditemukan di dunia maya.

Sosial media

Jangan cuma menjadikan sosial media milik Anda sebagai ajang narsis. Manfaatkan sekian banyak sosial media yang Anda miliki untuk mendapatkan pengetahuan finansial secara gratis. Ada banyak akun ahli dan perencana keuangan yang bisa Anda follow di sosial media mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram.

Ikuti seminar finansial

Banyak lembaga keuangan yang mengadakan seminar mengenai finansial secara berkala. Tidak semua seminar tersebut berbayar lho. Ada beberapa perusahaan manajer investasi dan bank yang sering mengadakan seminar secara gratis. Asyiknya, pada acara semacam ini kita tidak cuma diberikan pelajaran gratis dari para ahli melainkan bisa melihat langsung seperti apa produk keuangan yang ada seperti kartu kredit, pinjaman tunai dan asuransi.

Gunakan aplikasi untuk mencatat pengeluaran

Mereka yang bisa mengatur keuangan dengan baik adalah mereka yang selalu memonitor pemasukan dan pengeluaran. Tidak sempat mencatat semuanya atau merasa ribet jika harus duduk dan menuliskan semua pembelanjaan? Gunakan saja aplikasi. Sekarang ini ada banyak aplikasi yang memudahkanmu mengatur bujet. (Baca juga: Mau Wajah Bebas Jerawat? Contek Cara Seleb Dunia Hilangkan Jerawat Membandel)

 

 

 

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section