1. HOME
  2. FINANCE
STAR WARS

Replika Star Wars Dominasi Penjualan Mainan 2015

Mainan yang dibuat berdasarkan film Star Wars: The Force Awakens terjual hingga US$700 juta atau setara Rp9,6 triliun di Amerika Serikat saja.

By Rohimat Nurbaya 24 Januari 2016 08:31
Mainan Star Wars (techinsider.io)

Money.id - Mainan yang terinspirasi film Star Wars menjadi komoditas terpanas di industri mainan tahun lalu, keuntungan dihasilkan hingga ratusan juta dolar AS.

Dikutip dari Time, perusahaan riset ritel NPD Group menyebutkan mainan yang dibuat berdasarkan film Star Wars: The Force Awakens terjual hingga US$700 juta atau setara Rp9,6 triliun di Amerika Serikat saja.

Meski filmnya baru dirilis pada 18 Desember, penjualan mainan telah dilakukan lebih awal dengan promo 'Force Friday' yang dilakukan Disney pada 4 September. Hal ini dilakukan untuk menciptakan buzz untuk film tersebut.

Sementara itu penjualan mainan, yang dipimpin oleh Star Wars, secara keseluruhan menguat dengan kenaikan 6,7 persen dari nilai transaksi tahun lalu yang mencapai US$19,4 miliar atau setara Rp267,9 triliun.

Mainan Star Wars yang paling laris adalah pedang light siber dan robot droid BB-8 yang terjual lebih dari waralaba film Jurassic World, Minion dan Avengers.

Disney mengumumkan pekan lalu bahwa produk baru sedang akan diluncurkan. Hal ini dilakukan karena Disney mendapat kritik atas kurangnya mainan yang menampilkan Rey, pemeran utama wanita dalam film The Force Awakens. Perusahaan itu beralasan mereka sengaja menunda mainan Rey agar tidak merusak film.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section