1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Berkepribadian Tertutup tetapi Ingin Sukses? Ikuti Langkah Ini

Namun sejarah mencatat banyak pengusaha besar yang introver sukses membangun bisnis mereka.

By Dian Rosalina 14 Desember 2015 19:28
Ilustrasi Pengusaha Sukses (www.globe-view.com)

Money.id - Introver merupakan sebutan untuk orang yang cenderung menutup diri dari dunia luar. Tipe orang seperti ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan seperti membaca, menulis, menggunakan komputer, dan menyukai tempat tenang.

Meski banyak orang melihat kepribadian tersebut memiliki banyak kekurangan, namun juga banyak keunggulannya. Tipe kepribadian introver cenderung berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu dan bersikap analistis.

Beberapa orang sering menganggap orang yang memiliki tipe kepribadian tersebut sulit untuk memulai bisnis yang sukses. Namun sejarah mencatat banyak pengusaha besar yang introver sukses membangun bisnis mereka.

Dikutip dari INC, Senin 14 Desember 2015, Bill Gates, orang yang paling berpengaruh dan terkaya di dunia, Warren Buffet, investor paling sukses, dan penulis novel terlaris Harry Potter, J.K Rowling pun seorang introver.

Berikut ini alasan mengapa mereka sangat sukses dan Anda yang seorang introver atau bukan bisa mengikuti tips ini:

1. Menciptakan, tetapi tidak menjadi pusat perhatian

Orang introver seringkali sangat bersemangat tentang ide-ide untuk menciptakan hal-hal baru. Tidak semua dari mereka ingin mendapatkan kekuasaan atau kedudukan.

Dalam artikel The Wall Street Journal dijelaskan bahwa secara alami, introver cenderung bersemangat melakukan satu atau dua hal dalam hidup mereka.

"Mereka bersemangat untuk mencari sebuah ide. Lalu mereka akan membangun aliansi, jaringan, memperoleh keahlian dan melakukan apapun untuk mewujudkan ide tersebut," ujarnya.

2. Berpikir sebelum bertindak

Selain fokus terhadap kreasi mereka, introver memiliki kemampuan untuk duduk sendiri selama berjam-jam. Ini menandakan bahwa mereka memiliki ruang untuk tenang memikirkan langkah selanjutnya untuk bisnis mereka.

Kemampuan mereka yang super fokus ini mempunyai tujuan yang penting dalam sebuah bisnis. Yaitu jika Anda memulai bisnis, untuk menjaganya Anda harus memanfaatkan waktu secara efisien untuk meningkatkan keberhasilan.

3. Mendengarkan dengan baik

Secara umum, introver lebih baik dalam mendengarkan dan berempati dengan orang-orang. Keterampilan ini berguna dalam situasi bisnis.

Ketika klien, karyawan, atau pelanggan marah, introver cenderung lebih peka terhadap kebutuhannya. Introver menerima informasi dan kemudian berpikir kritis untuk menemukan solusi yang lebih baik.

Di sisi lain, kemampuan ini adalah salah satu keterampilan yang penting untuk menguasai karier Anda.

4. Ide orang lain dijadikan pertimbangan

Selain pendengar yang baik, pengusaha introver selalu mencari solusi terbaik dan kemungkinannya sangat kecil menemukan mereka menggunakan ego untuk menilai sesuatu.

Ketika mencoba untuk membangun sebuah bisnis yang menguntungkan, itu sangat berguna untuk orang yang memiliki bakat tersebut. Waylae Gregoire dari NextShark menulis bahwa orang ekstrover cenderung menginginkan mempromosikan rencana bisnis mereka sendiri.

"Introver lebih fokus pada pikiran dan tindakan orang lain. Sebagai pengusaha introver secara alami terbiasa menganalisis ide-ide dari orang lain. Menawarkan umpan balik yang bijaksana dan mengatur ide yang orang lain bawa."

5. Rendah hati

Para pemimpin yang terbaik adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk mengakui dirinya sedang dalam titik terbawah. Itulah bagian yang terpenting untuk mendapat melihat sesuatu dari perspektif orang lain ketika mereka melakukan kesalahan.

Orang yang berkepribadian introver tidak takut untuk mengakui kegagalan mereka, termasuk kepada klien, karyawan, dan pelanggan. Tak seorang pun ingin bekerja dengan atau di bawah atasan yang tidak bisa memiliki kemampuan melihat kelemahannya sendiri.

Jika Anda seorang pengusaha introver, ada banyak harapan untuk Anda. Meskipun Anda sulit beradaptasi di lingkungan sosial, Anda masih bisa menjadi pemimpin yang kuat dan mencapai tujuan. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section