1. HOME
  2. FINANCE
KOTA LAYAK HUNI

Inilah 10 Kota Layak Huni di Dunia, Jakarta?

Kesempatan kerja yang luas, perawatan kesehatan yang efisien, pelayanan publik yang terorganisasi, lingkungan yang baik membuat kota layak huni.

By Arry Anggadha 12 Desember 2015 17:30
Ilustrasi Kota Layak Huni

Money.id - Kesempatan kerja yang luas, perawatan kesehatan yang efisien, pelayanan publik yang terorganisasi dengan baik, lingkungan yang baik dan sistem pendidikan berkelas dunia membuat sebuah kota menjadi layak untuk dihuni. Sayangnya, tidak semua kota di dunia layak huni.

Dengan mempertimbangkan 30 faktor, termasuk infrastruktur, stabilitas, perawatan kesehatan, pendidikan dan lingkungan di 140 kota dunia, Economist Intelligence Unit (EIU) mengumumkan pemenang 2015 Global Liveability Ranking tahun ini.

1. Melbourne, Australia

Melbourne telah menghuni peringkat pertama kota paling layak huni di dunia untuk tahun kelima berturut-turut. Kota ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, infrastruktur yang baik dan kondisi lingkungan yang hampir sempurna. Selain itu, Melbourne memiliki salah satu komunitas yang paling harmonis dan budaya beragam di dunia. Kota ini menyediakan layanan perawatan kesehatan kelas dunia, yang gratis untuk penduduk lokal dan orang-orang dengan visa permanen.

2. Vienna, Austria


Berbicara masalah rangking, Wina hampir selalu disertakan. Tak terkecuali dalam daftar kota paling layak huni di dunia. Vienna dikenal karena tingkat kejahatan yang rendah, sistem politik yang stabil, ekonomi yang berkembang dengan baik, infrastruktur yang sangat baik, sejarah yang kaya, budaya yang beragam, dan iklim yang moderat. Kota ini menawarkan sistem pendidikan yang sangat efisien dan terjangkau serta perawatan kesehatan terkemuka.

3. Vancouver, Kanada


Kota hijau Vancouver adalah kota impian bagi siapa saja yang menghargai kualitas hidup yang tinggi. Terletak di pantai barat Kanada, Vancouver adalah sebuah kota bersih yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kota ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, bersih dari korupsi, ekonomi yang kuat, pendidikan dan perawatan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Vancouver menawarkan kesempatan kerja yang luas, membuatnya menjadi salah satu kota terbaik untuk tinggal dan bekerja. Simon Fraser University dan University of British Columbia, dua universitas besar di kota itu, menarik banyak siswa internasional dari berbagai belahan dunia. Vancouver berusaha untuk menjadi kota paling hijau di dunia pada tahun 2020.

4. Toronto, Kanada

Inilah kota lain di Kanada yang menawarkan keseimbangan kehidupan kerja yang luas, ekonomi yang kuat, lingkungan yang mengagumkan, layanan perawatan medis gratis yang disediakan oleh Health Insurance Plan Ontario, dan kehidupan budaya yang indah. Toronto adalah kota yang aman. Tingkat kejahatannya sangat rendah dan layanan transportasi umum berkembang dengan baik. Dengan konser musik reguler, komedi dan drama di jalan-jalan, Anda tidak akan pernah merasa bosan ketika mengunjungi atau tinggal di Toronto.

5. Calgary, Kanada

Kanada dan Australia sepertinya mendominasi daftar ini. Kota Calgary yang bersih, kaya, indah dan aman jelas merupakan salah satu kota paling layak huni di dunia. Biaya hidup sangat rendah sementara gaji yang relatif tinggi. Kota ini tidak memiliki pajak penjualan dan secara keseluruhan pajaknya rendah, yang membuat tingkat kepemilikan rumah begitu tinggi. Calgary menyediakan sistem pendidikan dan pelayanan kesehatan kelas dunia, serta sistem transportasi yang ramah lingkungan.

6. Adelaide, Australia

Adelaide masuk dalam daftar kota-kota paling layak huni di dunia tahun 2015. Kota pantai, damai, bersih dan kaya ini memiliki biaya hidup yang rendah, pelayanan kesehatan yang terjangkau, dan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi. Adelaide dikenal untuk pantai yang luar biasa, taman spektakuler, arsitektur mengesankan, museum indah yang unik, bar musik menyenangkan dan restoran papan atas. Adelaide menawarkan sepeda gratis untuk berkeliling seluruh kota. Ini adalah cara yang bagus untuk mencegah polusi udara.

7. Sydney, Australia


Sydney adalah salah satu kota terbaik untuk kualitas hidup yang lebih baik dan juga merupakan salah satu kota paling layak huni di dunia. Sama seperti Wina, Sydney hampir selalu masuk dalam peringkat paling positif. Sydney adalah tujuan bisnis terkemuka yang menawarkan banyak kesempatan kerja, pelayanan kesehatan kelas dunia, pusat penitipan anak dan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi.

Karena lingkungan luar biasa ramah, kota sangat cocok untuk kehidupan keluarga. Ada banyak hal yang harus dilakukan dan dilihat di Sydney. Pendeknya, ini adalah tempat yang wajib dikunjungi.

8. Perth, Australia

Lagi-lagi Australia. Daftar ini semakin menunjukkan bahwa Australia adalah tempat yang tepat untuk tinggal dan bekerja. Ibu kota yang paling terisolasi di dunia, Perth menyediakan sistem pendidikan dan perawatan kesehatan kelas dunia, infrastruktur yang baik, tingkat kesempatan kerja dan gaji yang tinggi. Kota ini menawarkan pantai yang menawan dan banyak kegiatan di luar ruangan yang menyenangkan.

9. Auckland, Selandia Baru

Selandia Baru juga memiliki salah satu kota paling layak huni di dunia. Auckland menawarkan ekonomi yang kuat, gaya hidup berkualitas tinggi, sejumlah peluang bisnis, sistem pendidikan yang berkualitas tinggi dan terjangkau, layanan kesehatan gratis, dan lingkungan yang memikat hati. Kota ini aman dan bebas dari korupsi. Tingkat kejahatan sangat rendah.

10. Helsinki, Finlandia


Akhirnya, Finlandia! Terlepas dari Kanada dan Australia, Helsinki adalah kota lain yang luar biasa untuk hidup yang bahagia. Dengan standar hidup yang tinggi, penduduk yang ramah, salah satu sistem pendidikan yang terbaik, sistem perawatan kesehatan kualitas tinggi di dunia, dan hukum lingkungan yang ketat, Helsinki layak untuk berada di daftar kota paling layak huni di dunia. Statistik menunjukkan bahwa orang-orang hidup lebih lama di Helsinki.

(aa/aa)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section