1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Cara Mudah Menabung untuk Beli Rumah Impian

Cobalah berinvestasi seperti di reksa dana, saham, obligasi, dan emas.

By Rizki Astuti 27 Maret 2016 17:11
Ilustrasi Membeli Rumah (www.axiomfinancial.com)

Money.id - Tak sedikit orang memilih menghabiskan sebagian besar gajinya untuk membayar sewa rumah. Padahal lebih baik, menyisihkan sejumlah gaji untuk membeli sebuah rumah impian, bukan? 

Meski tak sedikit orang mengaku tak mudah menambung, namun dalam laman Vancouverisawesome, Minggu 27 Maret 2016, ada cara menghemat uang bagi Anda, para pemula yang ingin mendapatkan rumah sendiri.

1. Kelola Anggaran
Jika terasa sulit, gunakan aplikasi kalkulator anggaran. Cari tahu berapa penghasilan, berapa pengeluaran, dan berapa yang harus Anda simpan untuk menciptakan anggaran yang layak.

Keluarkan semua yang dibutuhkan untuk keperluan makan, tagihan dan biaya lainnya. Jika ada sisa, buat rekening khusus untuk menampungnya. Dengan demikian Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan tabungan untuk membeli rumah.

2. Kurangi Biaya Sewa
Jika selama ini tinggal di apartemen atau kos-kosan dengan dua tempat tidur, cobalah cari yang hanya menyediakan satu tempat tidur. Selain lebih hemat pada perkakas dan perabotan, sisa dari biaya sewa selama ini bisa dimasukkan dalam rekening khusus untuk membeli rumah.

3. Coret Daftar Mobil
Jika Anda tidak terlalu bergantung pada mobil untuk pekerjaan, pertimbangkan untuk naik bus, bersepeda, berjalan, atau ikut teman. Naik mobil pribadi biayanya mahal, karena Anda harus membayar uang asuransi, uang bensin, dan biaya perawatannya. 

4. Kelola Tabungan
Alih-alih membiarkan tabungan Anda duduk manis di bank, bagaimana kalau memutarnya dengan berinvestasi seperti di reksa dana, saham, obligasi, emas dan lain-lain. Selain mendatangkan penghasilan tambahan, Anda juga mendapat pengetahuan tentang dunia investasi yang ternyata sangat beragam.

5. Hura-Hura
Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan minum kopi di kafe bersama teman-teman. Anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang lebih murah.

Apalagi jika Anda mengajak teman-teman patungan. Daripada menguras tabungan hanya untuk acara makan tidak jelas, lebih baik uang tersebut dikelola untuk menambah penghasilan.

6. Koperasi Kredit
Koperasi kredit adalah semacam lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan-pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggota. Biasanya koperasi kredit yang besar akan menawarkan kesempatan memiliki rumah melalui kredit kepemilikan rumah. Meski pinjamannya tidak besar, tapi sudah lebih dari cukup membayar biaya uang muka. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section