1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Alasan Anak Muda Harus Mulai Menabung untuk Pensiun

Anak muda kerap terlena dengan kehidupan, bahkan masih suka berfoya-foya dan tidak memiliki rencana keuangan yang baik.

By Abdul Kharis 24 Maret 2016 08:04
Ilustrasi anak muda (NCL)

Money.id - Masa muda adalah masa ketika hidup masih bebas dan baru saja memulai berkarir. Mereka masih terlena dengan kehidupan, bahkan kebanyakan dari mereka masih suka berfoya-foya dan tidak memiliki rencana keuangan yang baik.

Mengutip dari cheatsheet.com, Kamis, 24 Maret 2016, menyiapkan pensiun semenjak dini, harus segera dilakukan oleh para muda-mudi. Inilah tiga alasan anak muda harus segera mulai menabung untuk pensiun.

1. Menjadi mandiri secara finansial

Menghabiskan lebih sedikit uang daripada yang Anda dapatkan dan berinvestasi adalah landasan untuk membangun rencana pensiun. Jika dapat melakukan hal ini sejak masih berusia muda, Anda akan secara signifikan meningkatkan peluang mencapai kemandirian finansial.

2. Menghindari penundaan

Kebiasaan manusia susah hilang, termasuk dalam hal menunda pekerjaan. Jika Anda tidak mulai menabung untuk pensiun hari ini, maka kapan akan memulainya?

Mulailah sisihkan uang jajan atau gaji untuk dimasukkan ke dalam rekening Anda. Jangan menundanya, karana Anda tidak tahu apa yang terjadi besok. Tabungan pensiun pun dapat dijadikan dana darurat bila keadaan terdesak.

3. Lebih cepat memulai, lebih banyak uang yang dikumpulkan

Menabung untuk pensiun sesegera mungkin adalah sebuah konsep yang sederhana, tetapi tidak selalu mudah mengingat kondisi pekerjaan dan situasi pribadi.

Semakin cepat Anda memulai, semakin baik kesempatan untuk mencapai tujuan keuangan. Hasilnya bahkan lebih jelas, jika Anda konsisten menabung untuk masa pensiun.

Seseorang yang berinvestasi Rp12 juta per tahun antara usia 25 dan 60 tahun bisa mengumpulkan Rp420 juta untuk pensiun.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section