1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Punya Produk Anyaman di Rumah? Begini Cara Merawatnya

Pemilihan bahan yang tidak tepat dapat menyebabkan benda anyaman mudah rusak. Tidak hanya itu, cara merawat produk anyaman pun harus hati-hati.

By Dian Rosalina 23 Februari 2016 11:05
Tas Anyaman Kita (INSSOO)

Money.id - Di Indonesia, kerajinan tangan yang berbahan dasar dari serat banyak ditemukan. Misalnya kerajinan tangan anyaman cukup populer yang dibuat untuk berbagai perabotan rumah tangga atau produk fashion.

Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku. Produk ini seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik pun bisa digunakan.

Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman seperti inti batang tebu, rotan, gelagah dan bambu.

Pemilihan bahan untuk berkarya kerajinan anyaman perlu memperhatikan fungsi dan keindahan benda yang akan dibuat.

Pemilihan bahan yang tidak tepat dapat menyebabkan benda anyaman mudah rusak. Tidak hanya itu, cara merawat produk anyaman pun harus hati-hati. Tetapi tenang, cukup simpel kok.

"Merawat anyaman sih cukup simpel. Cuma seumpama seperti kena air harus dianginkan hingga kering, kena noda bisa dibersihkan pakai minyak kayu putih pakai kapas, jadi tidak merusak cat," kata desainer 'Tas Anyaman Kita', Natalia Indira kepada Money.id, Selasa 23 Februari 2016.

Ia menambahkan, kalau dari bahan alam, sebisa mungkin jangan sampai kena air. Sebab, bisa jamuran bahkan jamur bisa muncul jika disimpan biasa saja.

"Untuk menghilangkan jamurnya, cukup digosok minyak kayu putih saja. Tetapi risikonya, warna pasti pudar. Solusinya harus dicat ulang agar rapi lagi," ujarnya. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section