1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Patut Dibanggakan, Ini 5 Produk Fashion Indonesia yang Mendunia

Tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa produk fashion Indonesia terkenal di mancanegara.

By Dian Rosalina 14 Januari 2016 11:30
Bagteria, salah satu produk fashion termahal di dunia (www.pinterest.com)

Money.id - Menembus pasar global sudah pasti menjadi impian setiap produsen lokal, namun jalan yang tempuh tidak semudah kelihatannya.

Sebagai warga Indonesia, kita patut berbangga dengan karya-karya anak bangsa yang menjangkau dunia ini.

Tidak banyak yang tahu bahwa ada beberapa produk fashion Indonesia terkenal di mancanegara.

Bahkan dipakai oleh selebriti dunia sekelas Hollywood. Berikut ini adalah produk fashion Indonesia yang berhasil mencuri perhatian di mata dunia yang Money.id rangkum, Kamis 14 Januari 2015.

1. Dowa

Siapa sangka bila tas rajut sederhana dengan merek 'Dowa' buatan Godean, Yogyakarta ini berhasil menembus pasar internasional. Seorang wanita bernama Delia Murwihartini adalah sosok di balik kesuksesan tas lokal ini.

Bisnis tersebut berawal sejak tahun 1989, Delia membuat tas rajutan yang terbuat dari tangannya sendiri. Ia menjual 10 hingga 15 tas rajut dan menjualnya di sepanjang jalan Prawirotaman, Yogyakarta.

Sampai ada seorang turis dari Swedia memesan produk buatannya sebanyak 100 buah. Dari situlah tas dowa yang dihargai mulai dari Rp200 ribu hingga jutaan rupiah ini terkenal hingga Amerika dan Eropa.

2. Sabbatha

Tak hanya Dowa dari Yogyakarta saja yang bisa menjangkau konsumen hingga mancanegara, tas milik Sabbatha Rahzuardi Maya Dwianto ini pun ikut meramaikan produk Indonesia di kancah internasional.

Sabbatha adalah tas berkualitas premium dengan rancangan mewah bermaterial kulit serta bertahtakan bebatuan alam Indonesia sebagai ciri khasnya.

Tidak main-main perak dan emas pun menjadi salah satu material dari tas yang dibuat pria berumur 38 tahun itu.

Maka dari itu, meskipun memiliki desain yang sederhana, harga yang dibanderol pun mulai dari Rp9 jutaan hingga Rp20 juta.

3. Raden Roro

Perancang busana asal Indonesia, Liquica Anggraini Raden Roro mungkin belum banyak dikenal. Namun kiprahnya di pasar internasional tidak bisa dianggap remeh.

Tepatnya tahun 2008, Liquica memperkenalkan label fashion-nya di panggung mode internasional dengan nama RADENRORO.

Wanita berumur 33 tahun tersebut mendesain, memporduksi, dan manufaktur produknya di New York City, Amerika Serikat.

Koleksinya tersebut juga dipuji karena penggunaan kain yang berkualitas dan konstruksi yang luar biasa. Sebelum menampilkan koleksinya di Indonesia, busana karya wanita muda ini sudah lebih dulu dikenal di Amerika, Tokyo, Dubai, dan Puerto Rico.

4. Bagteria

Tak ada yang menyangka bahwa tas buatan tangan wanita Indonesia yang bernama Nancy Go ini ditaksir oleh selebriti dunia.

Seperti Emma Thompson, Anggun, dan Putri dari Zara Phillips. Bahkan sosialita sekelas Paris Hilton pun rela membeli tas yang di display di New York Fashion Week 2014 lalu.

Bagteria, tas yang di desain olen Nancy berawal dari hobinya yang menyulam dan merajut sejak tahun 2000. Nama tersebut dipilihnya karena lucu, dengan harapan agar mewabah seperti bakteri.

Bermodalkan Rp 100 juta, ia mendirikan PT Metamorfosa Abadi bersama sang suami, Bert Ng. Tas buatannya memang berbeda dan berkelas. Bagaimana tidak, bahan dasarnya bukan bahan sembarangan.

Nancy memakai teknik sulam, renda, dan payet yang semuanya dijahit dengan tangan. Tidak hanya itu pernak-pernik seperti kristal swarovski, sterling silver, gold platted, kulit ikan Islandia, kulit burung unta, bahkan gading mamoth, menjadi sentuhan tas tersebut.

Tentu saja itu yang membuat tas Bagteria dibandrol dari Rp1 juta sampai puluhan juta rupiah.

5. Nilou

Berdiri sejak tahun 2004 silam. Niluh Djelantik mengawali usaha rancang sepatu, tas, dan sabuk buatan tangan bermerek Nilou.

Niat awalnya adalah menciptakan sepatu wanita high heels yang nyaman dipakai, sekaligus mematahkan mitos kalau produk Indonesia itu murahan.

Meski sempat memiliki tekanan kehidupan di Jakarta, ternyata setelah pulang ke kampung halaman di Bali, karier Niluh justru semakin berkembang. Ia pun bekerja di salah satu perusahaan fashion Paul Ropp.

Dengan pengalaman dan keahliannya dia pelajari secara otodidak, ia berhasil membangun brand-nya sendiri dengan suaminya kini Cedric Cador. Niluh kini bisa membuat produk high heels yang otentik dan unik.

Karya-karyanya kini dikenakan oleh selebriti dunia sekelas Julia Robbert, supermodel Gisele Bundchen, hingga pemain Hollywood Uma Thurman. (berbagai sumber) (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section