1. HOME
  2. FASHION-BIZ

Tips Mulai Bisnis Fashion ala Chitra Subyakto

"Harus tahu posisi untuk brand kita sendiri seperti apa, mulai dari label nama, target pembeli."

By Rizki Astuti 9 Januari 2016 12:07
Chitra Subyakto (Rizki Astuti/Money.id).

Money.id - Chitra Subyakto adalah fashion designer Label 'Sejauh Mata Memandang'. Sebelum menjadi fashion designer, dia seorang fashion stylist dan fashion director dan creative buyer Alun-Alun Indonesia. 

Tetapi setahun silam, Chitra memberanikan diri mengembangkan sayapnya di industri mode Tanah Air. Salah satu produk motif batik yang dikenal adalah kisah si mangkuk ayam.

Namun meski bisnisnya baru seumur jagung, Chitra mengaku tak mudah membangun bisnis di bidang fashion. Dia juga mencoba berbagi tips bagi para pemula yang ingin membangun bisnis fashion.

Apa saja?

Merek
Anda harus memiliki brand atau merek sebagai label produk. Setelah mendapatkan nama yang diinginkan, jangan lupa memikirkan merek tersebut akan dibawa ke mana.

"Harus tahu posisi untuk brand kita sendiri seperti apa, mulai dari label nama, target pembeli, sampai akan membawa brand Anda itu seperti apa," kata Chitra, Sabtu 9 Januari 2016.

Target
Bila brand sudah diciptakan sesuai visi dan misi, Anda harus merencanakan target market atau siapa sasarannya.

Produk
Hal lain yang harus dipikirkan adalah deferensiasi produk. Agar produk cepat dikenal, Anda harus memberikan ciri khas dari produk yang akan dipasarkan. Ciptakan kesan yang membuat pembeli penasaran.

Preview
Sebelum memasarkan produk, jangan sungkan untuk banyak bertanya pada orang sekitar Anda. Terima kritik dan saran membangun, demi keberlangsungan usaha Anda.

Harga
Setelah itu, ada baiknya Anda berdiskusi dengan teman yang paham atau pernah menempuh pendidikan di bidang keuangan.

Dalam diskusi tersebut, Anda dapat mengetahui harga terbaik dan berapa keuntungan yang diperoleh.

Promosi
Bukan hanya sekadar melakukan potongan harga pada setiap produk, pastikan Anda memiliki media sosial yang dapat menyebarluaskan produk Anda.

Akan lebih baik bila Anda punya rekan atau teman yang bekerja di bidang publikasi, agar produk dapat segera dikenal masyarakat.

Produksi
Mulailah menghitung timeline Anda dan coba untuk mengatur strategi pada saat proses produksi berjalan. (els/poy)

 

Suka Artikel Ini? Klik Like

 

 

 

(sm/ra)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section