1. HOME
  2. FASHION-BIZ
BISNIS

Lewat 'Doaibu', Karier Stand Up Comedy dan Bisnis Adjis Berkembang

Kata 'Doaibu', bagi Adjis, memiliki nilai filosofi tersendiri dan itu mulai berkembang.

By Dian Rosalina 12 Januari 2016 13:45
Adjis Doaibu (Dian Rosa/money.id)

Money.id - Semakin banyaknya kebutuhan seseorang, membuat mereka harus mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya dengan berbisnis.

Para selebriti hingga Stand Up Comedian atau komika pun memanfaatkan kepopulerannya untuk membangun sebuah bisnis.

Contohnya saja komika asal Bekasi, Adjis 'Doaibu'. Dikenal sebagai seorang komik dan pemain film ketimbang pebisnis tidak membuatnya pesimistis untuk memulai bisnis clothing line miliknya.

Berawal tiga tahun lalu, saat itu sedang tren para penikmat musik membeli CD album lalu mendapatkan berbagai merchandise.

Adjis melihat, selain mendapat keuntungan dari CD album, beberapa band seperti Naif, Seringai, Mocca, juga menjual merchandise untuk para pendengarnya.

Itulah yang membuat pria yang tergabung dalam Stand Up Bekasi ini ingin mencoba peruntungannya.

"Kebetulan juga teman-teman komika tidak ada yang memiliki konsep seperti saya. Kalau saya memang membawa nama panggung 'doaibu' untuk menjadi brand kaus itu. Jadi orang-orang yang beli kaus buatan saya secara tidak langsung adalah para penikmat Stand Up Comedy saya," kata Adjis Doaibu kepada Money.id di Jakarta, Selasa 12 Januari 2016.

Tidak hanya dia yang memiliki bisnis kaus di antara para komika. Tetapi yang membuat produk Adjis berbeda dengan yang lain adalah pada setiap produknya hanya ada kata 'Doaibu, Sepanjang Jalan'. Kata 'Doaibu', bagi Adjis, memiliki nilai filosofi tersendiri dan itu mulai berkembang.

(Desain Baju 'Doaibu, Sepanjang Jalan'/Instagram Adjis Doaibu)

"Menurut saya setiap orang pasti memerlukan doa orangtua untuk melakukan berbagai aktivitas, kan. Makanya saya pakai kata 'doaibu'. Dan yang membedakan produk saya dengan yang lain, saya tidak memakai konsep misalnya saja Ernest dan teman-teman komika lain mendesain sesuai dengan kata-kata yang dikeluarkan saat ber-stand up," ujarnya.

Desain sederhana itu sejak awal dibuat oleh salah satu teman Adjis yang bernama Dolly.

Dolly adalah seorang sarjana desain grafis yang diminta Adjis untuk membuat konsep produk 'doaibu' agar bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

"Dulu saya sempat coba berbicara dengan beberapa orang untuk mendesain produk saya. Tetapi tidak ada yang pas. Barulah dengan Dolly saya merasa klop. Saat saya briefing dia dan mengatakan apa yang saya mau, dia langsung bisa mengambarkannya. Oleh karena itu, sekarang kalau saya mau desain seperti apa, dia sudah tahu apa yang saya mau," kata dia.

Sejarah nama 'Doaibu'

Beberapa tahun belakangan profesi Stand Up Comedy atu komedi tunggal mulai dilirik sebagai profesi yang menjanjikan. Khususnya di dunia seni humor. Bagi para pencinta Stand Up Comedy, nama Adjis Doaibu pasti sudah tidak asing.

Komika yang tergabung dalam Stand Up Indo Bekasi ini mengawali kariernya sebagai MC dan pemain band.

Memiliki nama asli Abdul Adjis, membuatnya merasa harus mempunyai nama panggung yang unik dan bisa mudah diingat orang.

Adjis bercerita sejarah mempunyai nama 'doaibu' di belakang nama kini berawal dari sedang trennya nama panggung dengan dua kata. Misalnya Rian 'Pelor', Gilang 'Gombloh', dan Jimmy 'Danger'.

Saat itu Adjis diminta untuk mengisi sebuah acara musik dengan salah satu temannya. Ia mengaku cukup kesulitan mencari nama yang unik.

"Nah waktu itu kebetulan saya lagi terima telepon, tiba-tiba di depan saya lewat truk besar yang bertuliskan 'doaibu' di belakangnya. Nah dari situlah saya pakai nama tersebut sampai sekarang," kata Adjis.

Lewat nama 'Doaibu', Adjis mulai dikenal sebagai MC, penyiar radio, komika, pemain film, hingga kini ia telah merambah dunia bisnis. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section