1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Trik Sederhana Ini Bikin Kuota Internet Anda Awet

Borosnya penggunaan kuota internet bisa bikin uang bulanan Anda jebol.

By Dwifantya Aquina 12 Oktober 2016 17:04
Menghemat kuota internet smartphone ternyata mudah (Huffingtonpost.com)

Money.id - Kebutuhan akan akses internet sudah semakin tinggi. Maklum, hampir semua orang kini fasih mengenakan smartphone dan aneka gadget canggih. Apalagi bagi sebagian orang dengan profesi tertentu, internet sudah seperti kebutuhan primer. Tanpa adanya akses internet mereka akan kesulitan bekerja dan beraktivitas.

Namun, para pengguna smartphone sering mengeluhkan tingginya biaya belanja internet. Hal itu disebabkan oleh borosnya penggunaan kuota internet. Nah, bagi Anda yang sering kesal karena harus bolak-balik membeli tambahan kuota internet, berikut trik sederhana yang bisa membantu seperti dikutip CekAja.com.

Ganti browser lama Anda

Anda merasa boros kuota internet? Bisa jadi alasannya karena browser yang Anda gunakan sudah jadul. Oleh karenannya, update browser lama Anda ke versi paling anyar. Salah satunya adalah versi paling muktahir dari Google Chrome. Saat peluncuran perdananya, Google bahkan menjamin browser anyarnya paling hemat kuota. Keampuhan produk terbaru Google tersebut bahkan diamini oleh banyak pengguna internet. Jika Anda tidak yakin kenapa tidak langsung jajal sekarang juga?

(Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan Khusus Akhir Pekan yang Bisa Bikin Kantong Makin Tebal)

Selalu aktifkan WIFI

Untuk menghemat penggunaan kuota internet, selalu aktifkan wifi. Setting juga smartphone Anda agar secara otomatis mematikan koneksi data pribadi ketika memperoleh sambungan wifi. Memang trik ini akan membuat konsumsi baterai boros. Namun, lebih hemat mengisi daya baterai kan dibandingkan harus membeli tambahan kuota internet?

Gunakan pengingat

Fitur usage warning sudah banyak disematkan pada smartphone. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mengingatkan jumlah kuota internet yang sudah dihabiskan pengguna smartphone. Jadi, Anda tidak akan kebablasan saat asyik bermain sosial media atau menyaksikan video streaming di YouTube. Cukup aktifkan fitur yang bisa ditemukan di bagian setting, Anda bisa gunakan internet tanpa takut kebablasan.

Save lalu tonton

Bagi Anda yang sangat suka menonton video YouTube menggunakan koneksi data pribadi, tentu sering bolak-balik membeli kuota internet. Tidak heran karena data yang diperlukan untuk menonton video cukup besar. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi hobi Anda tersebut bikin boros keuangan.

Sebab, YouTube telah memiliki fitur baru yang memungkinkan penggunanya menyimpan video untuk ditonton kemudian. Agar lebih hemat lagi, unduh semua video yang ingin Anda tonton di malam hari. Sebab, pada malam hari terdapat tarif kuota internet yang lebih murah. Jika sudah tersimpan, Anda bisa menontonnya kapan saja Anda mau.

Matikan aplikasi saat akan tidur

Ada banyak aplikasi yang menyedot kuota internet meski pengguna tidak sedang menggunakan smartphone. Bila Anda ingin menghemat biaya internet tidak perlu kok sampai menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Caranya mudah, cukup matikan saja aplikasi yang Anda rasa tidak penting untuk diaktifkan ketika sedang tidur atau tidak menggunakan smartphone dalam waktu lama seperti menyetir. (Baca juga: 3 Smartphone Mirip iPhone 7 yang Harganya Jauh Lebih Murah)

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section