1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Hati-hati, Pencuri Kini Punya Cara Baru Bobol ATM

Skimmer model baru ini dipasang di lubang yang sudah...

By Rizki Astuti 26 September 2016 13:00
Mesin ATM (www.engadget.com)

Money.id - Para pembobol uang di mesin ATM kini semakin pintar. Sebab, US Secret Service memperingatkan tentang munculnya skimmer model baru yang bekerja seperti sebuah periskop.

Baru-baru ini Dinas Rahasia Amerika Serikat mengeluarkan peringatan kepada bank-bank dan perusahaan pembuat mesin ATM tentang teknologi baru yang memudahkan pembobol mencuri informasi pada kartu debet atau kartu kredit.

Sebuah laporan dari Krebs on Security menjelaskan bahwa skimmer periskop telah ditemukan di mesin ATM di Connecticut dan Penyslvania, Amerika Serikat, dalam dua bulan terakhir. Tentu saja, karena alat tersebut dipasang di dalam mesin ATM, maka keberadaannya tidak akan mungkin diketahui nasabah yang jeli sekali pun.

Melansir dalam laman Engadget, Senin 26 September 2016, mesin ATM dengan tutup yang bisa dibuka adalah paling berisiko dipasangi skimmer periskop tersebut. Masalahnya, pembobol akan mudah mengakses bagian dalam mesin.

Skimmer model baru ini dipasang di lubang yang sudah tersedia di pembaca kartu dalam mesin sehingga bisa membaca garis magnetik pada kartu. Alat tersebut dilengkapi dengan baterai dan tempat penyimpanan data.

Alat itu diduga bisa menampung hingga 32.000 nomor dan akan menyimpannya selama 14 hari dalam keadaan baterai penuh. Namun 'kabar baiknya' adalah meski alat itu bisa membaca data kartu,  tetapi tidak memiliki akses ke nomor PIN. Sementara kabar buruknya adalah skimmer jenis baru ini kemungkinan sebagai alat uji coba sebagai persiapan melakukan pencurian yang lebih besar.

Krebs menambahkan bahwa nasabah masih bisa mengalahkan alat skimmer dengan mudah lewat teknologi yang sederhana.

Menurut Krebs, nasabah hanya perlu menaruh satu tangan di atas papan tombol ATM. Sementara alat skimmer berbentuk papan tombol ATM palsu kemungkinan sangat jarang dipergunakan oleh pembobol mesin karena harganya sangat mahal. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section