1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Ternyata Samsung dan Produsen Lainnya Masih Menggunakan Timah

Mereka mendapatkan pasokan timah dari Pulau Bangka.

By Nur Chandra Laksana 23 September 2016 11:09
Ilustrasi Tambang (pixabay)

Money.id - Ponsel pintar memang sudah menjadi barang yang tidak terlepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Namun tahukah Anda jika beberapa produsen besar di dunia masih menggunakan timah dalam perangkat mereka?

Para produsen besar ini mendapat pasokan utama timah dari Pulau Bangka, Indonesia. Ya, Pulau Bangka memang sedari dulu sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia.

Menurut aktivis senior dari Friends of The Earth, Julian Kirby, beberapa perusahaan yang masih menggunakan timah di antaranya adalah Samsung, Nokia, LG, dan BlackBerry.

"Para perusahaan tersebut sudah mengakui bahwa mereka masih menggunakan timah yang berasal dari Pulau Bangka, Indonesia," ujar Julian seperti dikutip dari laman FOE.

Namun menurut Julian, masih ada satu peruahaan besar lagi yang menggunakan timbah dalam produk mereka, yaitu Apple. Tetapi, pihak Apple masih enggan menjawab e-mail yang sudah ditujukan oleh ribuan aktivis FOE.

"Kami juga menanyakan produsen ponsel top lainnya, Apple, dengan pertanyaan yang sama, apakah mereka menggunakan timah yang merusak hutan, terumbu karang, dan mata pencaharian di Indonesia?" tutur Julian.

Terlepas dari pihak Apple yang masih belum menjawab, pihak BlackBerry, LG, Motorola, Nokia, Samsung, dan Philips tengah mencari solusi jangka panjang bagi hal tersebut. Sebab warga dan Pulau Bangka sendiri sudah menjadi korban atas penambangan timah tersebut.

"Sungguh fantastis ketika BlackBerry, LG, Motorola, Nokia, dan Sony telah bergabung dengan Samsung dan Philips dalam memimpin jalan menuju masa depan yang lebih adil di Pulau Bangka. Merek-merek ini harus ucapan selamat atas upaya untuk mengatasi masalah dalam pasokan mereka," ujar Julian. (poy)

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section