2. DIGITAL
SCIENCE

NASA Temukan 20 Planet Mirip Bumi, Layak Huni?

NASA menggunakan teleskop Kepler untuk mencari Planet yang 'mirip' Bumi.

By Adhi 25 September 2016 09:07
Ilustrasi (alux.com)

Money.id - Jika ada perusahaan yang paling getol untuk mencari kehidupan di luar Bumi, tentu ia adalah NASA. Untuk menguak misteri tentang apa yang ada di luar tata surya kita, tentu menjadi hal yang menarik.

Pasalnya mungkin saja suatu saat akan ada planet yang punya potensi untuk jadi tempat tinggal baru para penghuni Bumi.

Hal ini tak main-main, NASA menggunakan teleskop Kepler, teleskop luar angkasa yang memang sengaja diluncurkan untuk mencari Planet yang 'mirip' Bumi, untuk mencari berbagai planet yang ada di luar tata surya kita.

Hasilnya pun tak nihil, dilansir laman Daily Mail, Kepler menemukan total 4.000 planet selama kurun waktu tiga tahun.

Setelah melakukan penemuan tersebut, para tim astronom dari NASA memangkas daftar 4.000 planet tersebut untuk mengetahui planet-planet mana saja yang potensi untuk ditinggali. Beberapa kriterianya adalah potensi adanya air, atau bahkan kehidupan.

Dari 4.000 planet, mereka mendapatkan 20 planet yang paling mirip dengan planet Bumi. Dalam waktu dekat, mereka akan lebih menaruh perhatian dengan meneliti keduapuluh planet tersebut. Mereka mendapat daftar sekitar 216 planet yang terletak di zona yang dapat ditinggali.

Zona tersebut adalah area yang terletak dekat dengan bintang yang mengorbit atau diorbiti oleh planet yang memiliki permukaan dengan kandungan air.

Dari 216 tersebut lalu diambil lagi 20 planet yang paling mendekati tekstur Bumi. Hal ini dilihat dari unsur bebatuan yang juga menjadi sebagian permukaan Bumi. Planet tersebut di antaranya adalah Kepler-186 f, Kepler-62 f, Kepler-283 c, dan Kepler-296 f.

Perbandingan ukuran planet yang diteliti melalui teleskop Kepler dailymail.co.uk
Penelitian yang diadakan oleh sekelompok ilmuwan dari San Fransisco State University ini, ternyata cukup menjawab pertanyaan apakah planet yang mirip seperti Bumi itu banyak.

Bahkan berpotensi menjawab pertanyaan tentang apakah kehidupan di Bumi bisa terjadi di tempat lain. Kesimpulan ilmiah juga telah ditarik bahwa di tempat lain, tata surya yang lengkap dengan planet dan bulan juga ternyata ada. Hal ini membuat kehidupan mungkin saja akan terjadi.

Berikut adalah nama-nama keduapuluhplanet tersebut. Sebagian besar masih belum memiliki nama, dan hanya dinamakan berdasarkan letak penemuannya, atau KOI (Kepler of Interest).