1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Terbukti Jiplak iPhone, Samsung Dilarang Jual Ponsel lawas

Apple meminta hakim untuk menghentikan secara permanen pemasaran produk Samsung yang dianggap telah melanggar paten.

By Adhi 20 Januari 2016 16:15
Ilustrasi (talkandroid.com)

Money.id - Pasca terbukti mencontek iPhone, Samsung benar-benar dibuat repot oleh Apple. Selain dijatuhi sanksi denda sebesar US$ 548 juta atau sekitar Rp 7,58 triliun kepada Apple, kini mereka pun dikabarkan wajib menghentikan penjualan sejumlah produk smartphone lawasnya di pasar Amerika Serikat.

Dilansir laman Cnet, Rabu 20 Januari 2016, Hakim Distrik California, Amerika Serikat, Lucy Koh, mengabulkan permohonan Apple untuk menghentikan secara permanen pemasaran produk Samsung yang dianggap telah melanggar paten.

Beberapa seri smartphone Samsung lawas yang dilarang dipasarkan adalah seri Admire, Galaxy Nexus, Galaxy Note, Galaxy Note 2, Galaxy S2, Galaxy S2 Epic 4G Touch, Galaxy S2 Skyrocket, Galaxy S3, dan Stratosphere.

Pengabulan Hakim Lucy Koh sendiri merupakan hasil penilaian juri yang memutuskan bahwa perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah melanggar beberapa hak paten milik Apple, termasuk fitur slide to unlock, quick links, dan automatic word correction.

Persaingan antara Apple dan Samsung dimulai pada tahun 2010. Keduanya muncul sebagai pimpinan di pasar smartphone, Apple mengusung sistem operasi iOS, sementara Samsung menjadi "pentolan" di lini perangkat Android. Kala itu, perseteruan antara keduanya berjalan dengan 'bersih'.

Hubungan Apple vs Samsung sendiri telah menegang sejak lama, tepatnya pada 2010, setelah keduanya kerap saling ejek via iklan komersil.

Lalu, menjalar ke jenjang yang lebih serius. Mereka mulai saling tuduh pelanggaran hak paten hingga harus diselesaikan di ranah hukum.

Saling serang perihal hak paten ini meluas secara global, mulai dari Eropa, Asia, Amerika Utara, juga Australia. Terkadang putusan pengadilan merugikan Samsung, ada juga yang merugikan Apple.

Namun jika ditelusuri lebih lanjut. Ternyata secara keseluruhan Apple muncul sebagai pemenang pertarungan tanpa akhir ini. Sejumlah tuntutan berat dengan hukuman denda yang sangat besar sukses dimenangkan oleh Apple. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section