1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Apple Beli Aplikasi Bisa Baca Emosi

Teknologi Emotient ini mampu memindai emosi seseorang melalui wajah.

By Rohimat Nurbaya 11 Januari 2016 07:38
Ilustrasi pabrik Aplle (cbsistatic.com)

Money.id - Apple telah mengakuisisi Emotient. Start-up yang dibuat sebuah perusahaan yang berbasis di San Diego itu merupakan pesaing Google Glass. Meski Apple tidak secara resmoi mengungkapkan detail kesepakatan, tetapi telah menegaskan akuisisi tersebut.

Dikutip dari Business Insider, Emotient menggunakan kecerdasan buatan untuk memindai wajah seseorang dan membaca emosi mereka dalam sepersekian detik. Teknologi ini yang sangat berguna bagi pengiklan dan penjualan.

Salah satu aplikasi pertama yang dapat dipakai adalah add-on Google Glass yang memungkinkan tenaga penjualan menilai apakah seseorang benar-benar mencintai produk atau tidak.

Tetapi Anda tidak perlu Google Glass untuk menggunakan teknologi Emotient ini. Platform Emotient Analytics bisa menggunakan kamera biasa untuk memindai wajah pelanggan dan menganalisis secara real-time respons mereka terhadap produk.

Perusahaan lain menggunakannya untuk mengukur seberapa responsif pemirsa menanggapi iklan. Berbicara pada konferensi Wired, CEO Emotient, Ken Denman, menggunakan contoh iklan sebuah Carl Jr. Super Bowl.

Selama empat hari, 300 orang menonton iklan sebagai bagian dari survei sementara Emotient merekam fluktuasi kecil pada ekspresi mereka. Hasilnya, data menunjukkan bahwa sementara laki-laki menikmati iklan Carl Jr., perempuan tidak.

Salah satu kunci teknologi Emotient ini adalah mampu memindai emosi seseorang melalui wajah, tetapi tidak bisa menyimpan informasi pribadi tentang mereka dalam proses.

Penggunaan teknologi face-scanning telah menjadi perhatian privasi bagi banyak start-up, meskipun tidak jelas apa Apple berniat untuk dapat memindai secara anonim. (poy)

Pada Oktober 2015 saja, Apple belanja dua start-up di bidang kecerdasan. Keduanya dilakukan dalam hitungan empat hari saja.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section