1. HOME
  2. DIGITAL
SAMSUNG

Samsung Bekali Penenun Lombok Ilmu Pemasaran Online

Melalui program One Village One Product, Samsung memberikan tambahan alat-alat produksi kepada dua Koperasi Kerajinan Tangan Lombok.

By Adhi 20 Januari 2016 14:17
Pengrajin tenun asal Lombok (Samsung Indonesia)

Money.id - PT Samsung Electronics Indonesia mendukung program One Village One Project (OVOP) bersama Korea Trade Investment – Promotion Agency dan Kementrian Koperasi & UKM untuk meningkatkan produktifitas dan akses informasi bagi dua koperasi kerajinan tangan lokal di Indonesia.

Dukungan ini diwujudkan Samsung dengan memfasilitasi peralatan produksi, gadget dan pelatihan bisnis online untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin yang berbasis koperasi. Hasil kerajinan tangan khas Lombok ini diproduksi oleh dua koperasi lokal, yaitu Koperasi Wanita Stagen di desa Batu Jai dan Koperasi Harapan Bersatu di Bakan Daya.

Koperasi Wanita Stagen yang diketuai oleh Ibu Lela Alon Sari menghasilkan Kerajinan tangan Ikat Tenun sudah berdiri sejak tahun 2011. Sementara Koperasi Harapan Bersatu didirikan sejak tahun 2003 diketuai oleh Ibu Nikmah menghasilkan kerajinan tangan Ketak.

Kedua koperasi yang didirikan oleh ibu rumah tangga dan kebanyakan anggotanya juga ibu rumah tangga memiliki tujuan mulia yaitu mengajak para ibu rumah tangga di sekitar desa untuk berkarya dengan mengandalkan dan mengembangkan warisan kebudayaan daerah Lombok yang dapat menambah penghasilan bagi keluarga.

"Melalui program OVOP bersama Korea Trade Investment – Promotion Agency dan Kementrian Koperasi & UKM, kami ingin mewujudkan kontribusi kami dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik, khususnya di Lombok. Dalam program ini, kami berkontribusi dengan membekali pelatihan pemasaran bisnis online, Samsung Tab dan fasilitas alat produksi yang diberikan ke Koperasi Wanita Stagen penghasil Kerajinan tangan Ikat Tenun dan Koperasi Harapan Bersatu penghasil kerajinan tangan Ketak," terang KangHyun Lee, Vice President of Corporate Business & Corporate Affairs, PT Samsung Electronics Indonesia.

Melalui program One Village One Product, Samsung memberikan tambahan alat-alat produksi kepada kedua Koperasi Kerajinan tangan ini agar berfungsi lebih efektif dalam mengolah bahan baku dasar dan dapat meningkatkan produktifitas mereka. Selain itu, Samsung juga membekali Samsung Tab, pelatihan rutin dan mendasar dalam memanfaatkan dunia online untuk kedua koperasi ini.

Pelatihan yang diajarkan ke koperasi ini dimulai dari hal yang paling mudah yaitu cara membuat email, memaksimalkan penggunaan akun sosial media dan langkah-langkah dalam pembuatan fan page.

Samsung juga mengajarkan cara mengisi konten di media online termasuk akun sosial media, dengan menunjukan bagaimana proses pembuatan Tenun Ikat menggunakan tangan.

"Dengan dukungan teknologi, para pengrajin dapat lebih mudah berhubungan dengan pelanggan, baik lokal maupun di seluruh dunia. Begitu besar peluang yang diciptakan oleh teknologi, mulai dari gadget, email, social media, sampai e-commerce, yang dapat menjadi manfaat tanpa batas bagi koperasi di Lombok," lanjut Lee dalam keterangan persnya, Rabu 20 Januari 2016.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section