1. HOME
    2. DIGITAL
MONEY TUESDAY

Rekam Jejak Rivalitas Abadi Apple vs Samsung

Hubungan Apple dan Samsung menegang pasca keduanya kerap saling ejek via iklan komersil.

By Adhi 19 Januari 2016 18:35
Ilustrasi Apple VS Samsung (chinadaily.com)

Money.id - Bagai kucing dan anjing. Persaingan antara Apple dan Samsung terus bergulir sejak bertahun-tahun silam. Dimulai pada tahun 2010, keduanya muncul sebagai rival di pasar smartphone, Apple mengusung sistem operasi iOS, sementara Samsung menjadi "pentolan" di lini perangkat Android.

Pada awalnya, kedua raksasa industri teknologi ini bersaing dengan "bersih." Keduanya hanya adu angka penjualan dan inovasi produk.

Namun, hubungan Apple dan Samsung mulai menegang pasca keduanya kerap saling ejek via iklan komersil. Lalu, urusan menjadi lebih pelik dan menjalar ke jenjang yang lebih serius. Mereka mulai saling tuduh pelanggaran hak paten hingga pada akhirnya mesti diselesaikan melalui ranah hukum.

Saling serang perihal hak paten ini berlangsung secara global, mulai dari Eropa, Asia, Amerika Utara, juga Australia. Terkadang putusan pengadilan merugikan Samsung, ada juga yang merugikan Apple.

Namun jika ditelusuri lebih lanjut. Ternyata secara keseluruhan Apple muncul sebagai pemenang pertarungan tanpa akhir ini. Sejumlah tuntutan berat dengan hukuman denda yang sangat besar sukses dimenangkan oleh Apple.

Berikut adalah rekam jejak perang paten Apple vs Samsung yang bergulir sejak tahun 2011:

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section