1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Sambut Kelahiran Anak, Bos Facebook Sumbang 99 Persen Saham

Jumlah sumbangannya mencapai Rp618 triliun.

By Dwifantya Aquina 2 Desember 2015 10:46
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan bersama putri mereka, Maxima Chan Zuckerberg (Facebook)

Money.id - Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan menyambut kelahiran putri pertama mereka, Maxima Chan Zuckerberg, awal pekan lalu. Zuckerberg mengumumkan kabar bahagia itu melalui akun Facebook-nya, Rabu 2 Desember 2015, waktu setempat.

"Max, kami mencintaimu dan merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untukmu dan semua anak-anak," kata Zuckerberg dan Chan dalam surat untuk putri mereka, yang diposting di akun resmi Facebook, seperti dilansir CNN.

"Semoga Anda mendapatkan kehidupan yang penuh dengan cinta, harapan dan sukacita seperti yang kamu berikan kepada kami. Kami tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang kamu bawa ke dunia ini."

Saat mengumumkan kelahiran putri mereka, pasangan ini juga berjanji untuk menyumbangkan 99 persen dari saham Facebook mereka atau senilai sekitar US$45 miliar (setara dengan Rp618,6 triliun), selama hidup mereka untuk mengkampanyekan kesetaraan dan potensi hidup manusia.

Dia mengatakan, mereka menyumbangkan uang mereka ke Chan Zuckerberg Initiative karena mereka ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk Max. Sementara pada tiga tahun ke depan, Zuckerberg akan menjual sahamnya senilai US$ 1 miliar dan memberikannya untuk amal.

Zuckerberg mengatakan sumbangan saat ini berjumlah sekitar 30 miliar euro atau setara dengan Rp489 triliun.

Dalam suratnya, Zuckerberg mengatakan tujuan dari Chan Zuckerberg Initiative adalah untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan untuk semua anak di generasi berikutnya. Mereka akan fokus terhadap isu pendidikan, kesehatan, memajukan akses internet dan membangun komunitas yang kuat.

“Kami tahu ini hanya sumbangan kecil dibandingkan dengan semua sumber daya dan bakat yang diberikan oleh mereka yang bekerja pada isu-isu tersebut. Tapi kami ingin melakukan apa yang kami bisa, bekerja bersama banyak orang,” tulis Zuckerberg.

Zuckerberg dan istri memanggil buah hati mereka dengan nama panggilan Max. Bayi perempuan itu terlahir dengan bobot 3,4 kg.

Sebelum kelahiran bayi ini, sang istri sempat mengalami beberapa kali keguguran dan masalah kesuburan. Tidak heran jika pasangan ini sangat bahagia dengan kelahiran sang putri.

Bulan lalu, Zuckerberg mengumumkan ia mengambil cuti dua bulan untuk mempersiapkan dan mengurus kelahiran anak pertamanya.

Zuckerberg saat ini masih menjadi pemegang saham mayoritas di Facebook, yang nilainya mencapai US$303 miliar.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section