1. HOME
  2. DIGITAL
TEKNOLOGI

Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Seharga Rp 69 Ribu

Komputer mini ini memiliki kekuatan prosesor EMPAT kali lipat lebih cepat dari generasi pertama Raspberry Pi 1.

By Nur Chandra Laksana 30 November 2015 20:40
Raspberry Pi Zero(www.raspberrypi.org)

Money.id - Raspberry Pi, sebuah perusahaan komputer murah yang mudah untuk diprogram yang berbasis di Inggris ini dengan cepat menjadi terkenal. Bukan hanya murah, namun setiap komputer yang mereka jual di pasar memiliki kekuatan yang cukup mumpuni.

Seiring berjalannya waktu, komputer buatan Raspbery Pi ini juga semakin kuat dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau. Apalagi untuk mereka para mahasiswa atau para pelajar untuk mendukung proyek kecil atau tugas mereka.

Namun belum lama ini Raspberry Pi kembali melakukan terobosan baru. Mereka mengeluarkan komputer mini yang benar–benar bisa bekerja dengan harga US$ 5 atau sekitar Rp69 ribu.

Dengan menggunakan nama Raspberry Pi Zero, ternyata komputer ini memiliki kekuatan empat kali lebih banyak dibandingkan generasi pertama Raspberry Pi 1.

Berukuran 65 mm x 30 mm x 5 mm, Raspberry Pi Zero juga merupakan varian paling kecil yang pernah dibuat oleh Raspberry Pi.

Namun jangan salah, Raspberry Pi Zero dibekali prosesor Broadcom BCM2835 ARM11 1 Core yang memiliki clock sebesar 1GHz, dan memiliki RAM sebesar 512MB.

Dengan ukuran yang mini ini Raspberry Pi Zero masih dibekali dua mini USB port, satu untuk konektivitas dan satu untuk sumber daya.

Belum lagi tersedianya port mini HDMI yang mendukung resolusi 1080p 60 FPS makin membuat komputer mini ini makin layak untuk dilirik.

Untuk para pelanggan setia MagPi, Raspberry Pi Zero akan diberikan dengan gratis di isu nomor 40 yang akan keluar sebentar lagi.

Untuk ketersediaan secara global, pihak Raspberry Pi meyakinkan bahwa unut Raspberry Pi Zero ini akan tersedia di seluruh dunia dalam waktu dekat ini. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section