1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Masyarakat Negara Ini Habiskan Setengah Gajinya untuk Beli Pulsa

Malawi tercatat sebagai negara dengan tarif layanan seluler termahal di dunia.

By Adhi 30 November 2015 19:00
Ilustrasi (digitalnewsasia.com)

Money.id - Berapa besar nominal rupiah yang Anda alokasikan untuk keperluan membeli pulsa ponsel tiap bulannya? Mungkin, rata-rata orang Indonesia mengeluarkan biaya Rp50-200 ribu per bulannya untuk pembelian pulsa ponsel. Harga yang relatif murah tentunya dibandingkan negara-negara lain.

Menurut laporan International Telecommunications Union (ITU), ada beberapa negara di dunia ini yang memiliki tarif layanan seluler sangat mahal. Akan tetapi sudut pandang penghitungan ITU tidak berfokus pada berapa harga yang dicantumkan oleh operator seluler, melainkan kalkulasi perbandingan antara harga yang harus dibayarkan pengguna layanan seluler dengan rata-rata pendapatan masyarakat di suatu negara.

Dan hasilnya, Malawi tercatat sebagai negara dengan tarif layanan seluler termahal di dunia. Dilansir laman BBC, Senin 30 November 2015, hasil penghitungan ITU menunjukkan bahwa rata-rata pengguna ponsel di Malawi harus mengeluarkan dana sebesar US$12 atau setara dengan Rp 130 ribu per bulannya.

Meski nampak tidak terlalu mahal dan tidak jauh berbeda dengan konsumsi pulsa pengguna tanah air, namun tahukan Anda jika jumlah dana yang harus mereka belanjakan itu ternyata setara dengan 56.29% dari total pemasukan per bulan yang diraih. Dengan kata lain, pengguna di Malawi menghabiskan lebih dari setengah pendapatan atau gaji bulanan mereka hanya untuk membeli pulsa ponsel.

Menyadari kondisi ini, pihak Malawi Communications Regulatory Authority (Macra) dilaporkan telah melakukan studi untuk melihat kemungkinan menurunkan biaya konsumsi di industri telekomunikasi. Salah satu ide yang mereka kemukakan adalah memperketat persaingan bisnis di sektor komunikasi Malawi.

Sejauh ini hanya ada dua operator seluler yang beroperasi di Malawi. Dengan menambah jumlah operator seluler yang ada, maka diharapkan akan terjadi persaingan harga yang menguntungkan para konsumen.

Malawi sendiri dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Dengan populasi hampir 14 juta jiwa, negara yang terletak di wilayah Afrika Selatan ini pada tahun 2013 lalu bahkan sempat menjual pesawat kepresidenan mereka demi memberi makan warga miskin.

Berikut adalah daftar negara dengan tarif layanan seluler termahal dan termurah di dunia:

Paling mahal:
- Malawi - 56,29% dari pendapatan perbulan
- Madagaskar - 52,55% dari pendapatan perbulan
- Republik Afrika Tengah - 51,63% dari pendapatan perbulan

Paling murah:
- Macau, Tiongkok - 0,11% dari pendapatan perbulan
- Hongkong, Tiongkok - 0,18% dari pendapatan perbulan
- Denmark - 0,19% dari pendapatan perbulan

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section