1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Per 2017, Semua Smartphone di India Wajib Punya Tombol Anti Perkosaan

Alasannya, tentu tombol panik ini dapat mengubah desain smartphone secara drastis.

By Adhi 29 April 2016 14:05
Ilustrasi (abc.net)

Money.id - Fenomena pelecehan seksual dan pemerkosaan yang kerap menimpa perempuan di India membuat otorita setempat mengambil langkah strategis.

Menurut yang dilaporkan laman Indian Express, Jumat 29 April 2016, pemerintah India akan mewajibkan seluruh produsen smartphone untuk menyematkan fitur anti pemerkosaan.

Menteri Komunikasi dan Teknologi India, Ravi Shankar Prasad telah menandatangani peraturan yang rencananya akan resmi berlaku per 1 Januari 2017 mendatang.

Fitur itu adalah tombol panik yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungi aparat hukum ketika terjadi tindak kriminal, utamanya tindak kejahatan pada perempuan, misalnya usaha pemerkosaan atau pelecehan seksual.

Selain itu, mulai 1 Januari 2018, semua smartphone harus memiliki GPS agar lokasi pengguna mudah dilacak bila terjadi tindak kriminal.

"Teknologi tercipta untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik, dan yang terbaik adalah menciptakan keamanan bagi perempuan. Saya telah memutuskan dari 1 Januari 2017, tidak ada ponsel yang boleh dijual tanpa tombol panik, dan mulai 1 Januari 2018 semua pernagkat mobile harus memiliki GPS," ujar Prasad.

Hal ini memang positif, namun cukup membuat pusing vendor smartphone mengingat hampir semua smartphone modern saat ini tidak mempunyai tombol fisik layaknya ponsel fitur.

Membuat tombol fisik 'emergency' khusus pada smartphone sesuai dengan aturan pemerintah India sepertinya susah dilakukan oleh produsen. Alasannya, tentu tombol panik ini dapat mengubah desain smartphone secara drastis.

Sebagai solusinya, pemerintah India menyarankan produsen smartphone untuk membenamkan fitur panggilan darurat pada tombol fisik yang ada, kemungkinan besar tentu tombol on/off atau tombol 'Home'. (poy)

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section