1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Mana Lebih Doyan Fotografi, Pengguna iPhone atau Android?

Pengguna Android lebih sering mengunduh aplikasi fotografi.

By Adhi 22 April 2016 17:58
Ilustrasi selfie (ubergizmo.com)

Money.id - Selain untuk berkomunikasi, smartphone modern sekarang ini juga dibekali dengan fitur kamera canggih. Dengan begini, smartphone pun memiliki fungsi fotografi yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Saat ini, ada dua sistem operasi (OS) smartphone yang menguasai pasar, yakni iOS besutan Apple dan Android milik Google. Nah, kira-kira pengguna OS manakah yang paling doyan fotografi, baik itu digunakan untuk memotret, mengedit foto, atau mungkin mengorganisasi foto?

Jawabannya bisa diukur dari jumlah unduhan aplikasi kategori fotografi di masing-masing OS. Berdasarkan laporan Store Intelligence Q1 2016 Data Digest milik SensorTower, pengguna Android lebih sering mengunduh aplikasi fotografi.

Buktinya, dalam tiga bulan terakhir, kategori Photography di Android mencatatkan 612 juta kali unduh di Google Play Store. Jumlah itu meningkat dibanding kuartal pertama 2015 yang mencapai 508 juta.

Aplikasi fotografi terpopuler pengguna Android adalah Google Photos dengan angka unduh lebih dari 20 juta kali. Aplikasi fotografi lainnya yang digemari pengguna Android adalah VSCO, Pixlr, atau Adobe Photoshop Express.

Sementara itu, di iOS, kategori Photo & Video 'cuma' diunduh 510 juta kali pada kuartal pertama 2016. Popularitas kategori yang diisi oleh aplikasi semacam Snapseed, Pic Collage, dan Flipagram ini terpantau naik dari periode yang sama tahun lalu yang masih 445 juta.

Sebagai gambaran, Google Play Store sejak Januari sampai Maret 2016 telah menampung 11,1 miliar download aplikasi. Sementara Apple App Store cuma 6,1 miliar. Namun, pemasukan App Store lebih tinggi dibanding kompetitornya itu.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section