1. HOME
    2. DIGITAL
SMARTPHONE

10 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Dimensi smartphone yang relatif kecil tidak mampu menampung baterai berukuran besar.

By Adhi 26 April 2016 07:55
Ilustrasi (digitaltrends.com)

Money.id - Tak peduli seberapa canggih, smartphone Anda tidak akan ada gunanya bila kehabisan daya baterai.

Ya, baterai adalah faktor terpenting pada sebuah smartphone. Berbagai fungsi canggih yang tersedia pada smartphone membutuhkan daya yang cukup dari baterai untuk dapat bekerja dengan baik.

Namun sayang, dimensi smartphone yang relatif kecil tidak mampu menampung baterai berukuran besar. Alhasil, para pengguna smartphone kerap kehabisan baterai dan harus melakukan isi ulang daya (charging).

Menyebalkan memang. Namun tenang saja, untuk menghemat baterai smartphone sebenarnya Anda hanya perlu melakukan sejumlah langkah sederhana.

Berikut 10 cara mudah menghemat baterai smartphone yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Meredupkan tingkat kecerahan layar

Kebanyakan dari Anda mungkin tidak memperhatikan seberapa terang cahaya pada layar smartphone. Smartphone dengan tampilan layar yang cerah memang terlihat menarik tetapi dapat menguras daya baterai lebih cepat.

Lebih baik layar smartphone dibuat redup, tapi tampilan layar tetap terlihat jelas. Anda bisa tidak mengaktifkan fitur 'auto brightness' karena akan menggunakan sensor cahaya yang menyedot baterai.

2. Mengatur sleep mode

Layar smartphone yang menyala terlalu lama juga dapat menjadikan baterai boros. Anda dapat mengatur cahaya layar ponsel agar cepat padam dengan mengatur sleep mode. Anda bisa memilih berapa lama layar akan menyala, semakin singkat semakin baik.

3. Menonaktifkan semua koneksi ke perangkat lain

Smartphone dibekali dengan berbagai fitur konektivitas agar dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat lain, seperti Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi. Semua fitur tersebut akan mengambil daya baterai Anda lebih banyak sehingga baterai Anda menjadi cepat habis.

Sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan saja dan dinyalakan apabila diperlukan.

Selanjutnya >>>

Baca Juga

4-7

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section