1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Miliki Lubang Keamanan, Kernel Linux 3.8 Bahayakan Ponsel Android

Lebih dari jutaan Android dengan sistem operasi Kitkat ke atas menggunakan kernel Linux 3.8 terancam mengalami peretasan.

By Nur Chandra Laksana 21 Januari 2016 18:20
Ilustrasi Lubang Keamanan (blogs.absolute.com)

Money.id - Pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android pada 2015 sudah mencapai 1,4 miliar pengguna aktif setiap harinya.

Memang pertumbuhan pengguna Android bisa dilibang sangat cepat dibandingkan dengan ponsel pintar dengan sistem operasi lainnya.

Namun seperti sistem operasi lainnya, sistem operasi yang berbasis Linux ini memang tidak seratus persen sempurna, seperti dilansir dari phonearena.

Dan sayangnya, baru-baru ini ditemukan sebuah lubang keamanan yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak mempunyai kewenangan.

Bukan hanya pencurian data yang ditakutkan oleh para ahli. Yang paling bahaya bahkan ponsel pintar kita bisa sampai dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan sebuah kegiatan.

Lubang keamanan ini ditemukan di sistem operasi Linux yang berbasis kernel 3.8, yang digunakan oleh sistem operasi Android 4.4 ke atas.

Jika menilik dari data yang ada, ini berarti lebih dari 65 persen pengguna Android di seluruh dunia terancam oleh lubang keamanan ini.

Namun berita baiknya, sekelompok orang dari Perception Point, sebuah kelompok yang menemukan lubang keamanan ini menyatakan belum mendeteksi serangan yang menyerang di lubang keamanan ini.

Untuk saat ini, para pengembang Linux tengah mencoba untuk memperbaiki celah keamanan ini dengan sekuat tenaga.

Namun pihak pengembang Linux juga mengatakan bahwa meskipun mereka bisa menangani hal ini, untuk menutup lubang keamanan butuh waktu yang sangat lama.

Selain sistem operasi Android, ternyata perangkat lainnya seperti PC, server, dan berbagai perangkat lainnya yang menjalankan kernel Linux serupa memiliki lubang keamanan yang sama.

Semoga saja dengan patch yang akan segera dikeluarkan oleh para pengembang Linux bisa mengurangi risiko lubang keamanan ini. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section