1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Daftar Negara dengan Internet Tercepat, Indonesia Kalah dari Vietnam

Indonesia dinilai sebagai negara berkembang dengan pertumbuhan pengguna internet yang begitu pesat.

By Adhi 5 Januari 2016 09:50
Ilustrasi internet cepat (empowerit.com.au)

Money.id - International Telecommunication Union (ITU) telah merilis daftar negara-negara dengan koneksi internet tercepat di dunia.

Menurut laporan yang dilansir dari laman Independent, Senin 4 Januari 2016, Korea Selatan (Korsel) dinobatkan sebagai negara dengan kecepatan internet terbaik dengan skor 8,93.

Perhitungan ini tak hanya dari kecepatan koneksi namun juga nilai ICT Development Index, namun juga berbagai aspek.

Penilaian tersebut terdiri dari kecepatan internet (bandwidth / Mbps), volume langganan internet per 100 orang, serta persentase rumah tangga yang terkoneksi dengan perangkat teknologi.

Menyusul Korsel, terdapat Denmark, Islandia, Inggris, dan Swedia dengan skor masing-masing 8,88; 8,86; 8,75; dan 8.67. Berikut daftar 10 besar koneksi internet tercepat di dunia:

1. Korea Selatan

2. Denmark

3. Islandia

4. Inggris

5. Swedia

6. Luksemburg

7. Swiss

8. Belanda

9. Hong Kong

10. Norwegia

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia berada di ranking ke-108 dengan skor 3,94. Peringkat ini sedikit naik dari posisi 109. Ke depannya posisi Indonesi diprediksi akan terus naik. 

Namun sayang, untuk sesama negara dari wilayah Asia Tenggara, posisi Indonesia masih kalah dari Vietnam dan Filipina yang masing-masing menempati posisi 102 dan 98. 

Sementara Singapura, mereka bahkan berhasil masuk ke jajaran 20 besar negara dengan koneksi internet tercepat. Singapura berada di posisi 19.

Meski begitu, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria dan Bangladesh, Indonesia dinilai sebagai negara berkembang dengan pertumbuhan pengguna internet yang begitu pesat.

Hingga akhir 2015, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 137 juta. (poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section