1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

Ini Daftar Juara Startup Weekend Jakarta 2016

Para peserta Startup Weekend Jakarta menjalani berbagai pelatihan dan konsultasi dengan mentor.

By Adhi 6 September 2016 16:53
Startup Weekend Jakarta, 2 sampai 4 September 2016

Money.id - Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Dengan jumlah populasi sebanyak 250 juta orang, boleh dibilang jumlah technopreneur di Indonesia masih sangat minim.

Tercatat, bahwa baru ada 1,56 persen technopreneur dari total keseluruhan populasi masyarakat Indonesia.

Untuk mendorong lebih banyak wirausaha di bidang teknologi, pada tanggal 2 sampai 4 September 2016 lalu, KIBAR menghadirkan Startup Weekend Jakarta, sebuah gerakan global yang menginspirasi, mengedukasi, dan memberdayakan individu serta komunitas lokal untuk belajar membuat startup mereka sendiri.

Ajang ini mempertemukan developer, desainer, marketer, product manager, serta orang-orang yang memiliki talenta di berbagai bidang untuk bertukar pikiran dan ide, membentuk tim, membangun produk, dan meluncurkan sebuah startup pada akhir pekan.

Acara yang diadakan di Conclave, Jakarta Selatan ini dihadiri oleh 60 peserta, serta belasan mentor yang berasal dari praktisi dan pelaku ekosistem startup di Indonesia, di antaranya Alamanda Shantika VP of Product, GO-JEK; Ivan Chen, CEO Antarupa; Mario Nicolas Product Manager, Path; Pandu Truhandito, Client Solutions Manager, Facebook; Raditya Pramana, Investmen Manager, Venturra Capital dan Thomas Diong, Chief Product & Data Officer, Sales Stock. 

"Sebelum menciptakan sebuah aplikasi yang besar, hal kecil yang harus dipikirkan adalah bagaimana flow bisa bekerja di lapangan. Bagaimana respon masyarakat atau konsumen terhadap ide kita. Jika memang ada sambutan baik, barulah tugas para startup founder untuk menciptakan aplikasi yang bisa menjalankan flow secara otomatis," papar Alamanda Shantika dalam keterangan persnya.

Selama 54 jam, para peserta Startup Weekend Jakarta menjalani berbagai pelatihan dan konsultasi dengan mentor seputar product development, validasi ide, business model, strategi marketing, hingga pengembangan prototipe produk.

Di hari pertama, para peserta membentuk 12 tim yang kemudian melakukan pitching final di hari terakhir.

Ide dan prototipe produk mereka kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri yang terdiri dari Budi Setyarso, Redaktur Pelaksana Tempo; Herbet Ang, President Director, Acer Indonesia; Jaka Susanta, Senior Business Expert; Telkomsel Prami Rachmiadi, CMO Online, Emtek & KMK; Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations, Google.

Setelah melewati proses penjurian, terpilihlah empat juara yang memiliki ide terbaik. Berikut daftar juara Startup Weekend Jakarta 2016:

Happy Testing (Juara Pertama)
Merupakan platform yang menjembatani perusahaan dengan konsumen untuk menguji aplikasi dan dapat feedback secara instan.

Artology (Juara Kedua)
Merupakan marketplace yang mempertemukan pelukis dan pembeli dengan mudah. Pembeli bisa mencari pelukis yang sesuai dengan kualifikasi dan kriteria.

CS Hourly (Juara Ketiga)
Menyediakan talent pool ke perusahaan yang membutuhkan tenaga customer service pada jam-jam tertentu.

Echoducation (Juara Favorit)
Platform yang menghubungkan orang tua dan murid dengan institusi pendidikan formal dan informal agar orang tua bisa mendapatkan lembaga pendidikan yang tepat untuk buah hati. 

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section