1. HOME
  2. DIGITAL
HUAWEI

Kerjasama dengan RI, Huawei Sediakan Jaringan 4.5 di Asian Games 2018

Kerjasama tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh Menkominfo Rudiantara.

By Rohimat Nurbaya 5 September 2016 17:05
Kantor Huawei (chinadaily.com.cn)

Money.id - Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Huawei dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Perusahaan telekomunikasi, informasi dan komunikasi (TIK) asal Republik Rakyat Tiongkok itu menjadi penyediaan jaringan 4.5 G dalam gelaran olahraga paling bergengsi di Asia tersebut.

"Masalah kerja sama yang mungkin dilakukan dalam konteks Asian Games, nanti akan ditindaklanjuti Menkominfo Rudiantara. Sepintas yang saya tangkap adalah kerja sama untuk 4.5G. Ini sekarang akan didalami oleh Pak Rudiantara," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dikutip dari laman Setkab RI.

Menurut Retno, Presiden Jokowi dan Chairwoman Huawei, Sun Yafang, sepakat untuk kerja sama dalam konteks untuk pelatihan vocational training di Research and Development (R&D) Huawei.

"Dapat saya sampaikan, bahwa dari 17 ribu pegawai Huawei yang tersebar di 179 negara, 79 ribu diantaranya itu berhubungan dengan R&D. Jadi kalau dilihat dari presentasenya maka Huawei ini sangat kuat di R&D," jelas Retno.

Oleh karena itu, menurut Retno, Pemerintah RI ingin memperkuat kerja sama dengan Huawei di bidang R&D ini. Salah satunya Pemerintah Indonesia meminta komitmen Huawei agar anak-anak Indonesia yang mempunyai talenta yang tinggi dapat memiliki kesempatan untuk dididik di R&D mereka yang tersebar di Tiongkok, Amerika, dan di Eropa

Sementara itu Chairwoman Huawei Sun Yafang dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa Huawei telah aktif berinvestasi di Indonesia untuk memperkuat pertumbuhan serta perbaikan indUstri TIK.

"Huawei berkomitmen untuk membantu perumbuhan industri TIK di Indonesia melalui investasi berkelanjutan," kaya Sun Yafang.

Saat ini Huawei telah melayani 100 juta masyarakat Indonesia dan memiliki 14 cabang di Indonesia, serta telah berkolaborasi dengan lebih dari 400 mitra di Indonesia.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section