1. HOME
  2. DIGITAL
INTERNET

Pecahkan Rekor, Jumlah Domain .ID Tembus 200 Ribu

Secara umum jumlah domain .ID meningkat pesat dalam 5 tahun terakhir.

By Adhi 2 September 2016 10:18
Ilustrasi (pandi.or.id)

Money.id - Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah mengungkapkan, domain internet Indonesia, .ID, mencatat rekor baru dengan menembus angka 200 ribu domain.

Angka ini merupakan jumlah domain aktif yang didaftarkan sejak domain .ID mulai digunakan 23 tahun silam.

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin mengenal domain .ID yang merupakan domain internetnya," jelasnya.

Andi melanjutkan, secara umum jumlah domain .ID meningkat pesat dalam 5 tahun terakhir. Angkanya semakin melonjak dalam dua tahun terakhir sejak domain .ID diluncurkan.

"Jumlah domain .ID saat ini bertambah 47 ribu dari awal tahun. Dari 47 ribu itu, 37 ribu di antaranya berasal dari kenaikan jumlah domain apapun.id," ungkap Andi dikutip dari laman Merdeka.

Domain .ID adalah penyebutan untuk domain tingkat tinggi .ID tanpa tambahan apapun di depannya. Selain apapun.id, domain .ID juga hadir sebagai domain tingkat dua, seperti co.id, sch.id, desa.id, dan sembilan domain lainnya. Khusus untuk domain co.id terjadi adanya peningkatan.

Domain co.id saat ini masih tercatat sebagai domain .ID terbanyak, disusul apapun.id, web.id, sch.id, dan or.id Pertumbuhan domain .ID semakin mendapat tambahan tenaga dengan hadirnya program 1 Juta Domain dari Kementerian Kominfo RI.

Program ini bertujuan menumbuhkan satu juta web dengan domain .ID dan hosting di Indonesia. Program tiga tahun membidik sasaran utama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain menyasar UMKM, program ini juga menyasar sekolah, pondok pesantren, desa, dan komunitas. (dwq)

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section