1. HOME
  2. DIGITAL
APPLE

Ponsel Pabrikan China Mulai Gerus Pasar Samsung dan Apple

Huawei dan Oppo berhasil menaikkan presentase penjualan mereka lebih dari 10 persen.

By Nur Chandra Laksana 23 Mei 2016 15:22
Oppo F1 (oppo)

Money.id - Kepoluleran Samsung dan Apple sebagai produsen ponsel pintar terlaris di dunia kini sedang goyah. Pasalnya, secara perlahan namun pasti, ponsel buatan produsen China kini mulai merangkak naik ke jajaran ponsel pintar paling laku sedunia.

Hal ini terlihat jelas dari laporan penjualan ponsel pintar di dunia pada kuartal pertama 2016. Jika menilik data yang dikeluarkan oleh Gartner -- lembaga pengamat teknologi-- panjualan Samsung terlihat hanya naik sebesar 0,079 persen saja.

Di sisi lain, Apple malah menunjukkan hasil yang buruk. Tercatat, penjualan ponsel pintar mereka mengalami penurunan sebanyak 14,20 persen.

Jika dibandingkan dengan ponsel pintar pabrikan China yang bertengger di posisi ketiga hingga kelima, yakni Huawei, Oppo, dan Xiaomi, sangatlah berbanding terbalik.Ketiga ponsel tersebut malah mengalami kenaikan penjualan yang sangat signifikan, walaupun ada juga yang bertambah secara perlahan.

Untuk Huawei, mereka mampu menaikkan penjualan mereka sebesar 59,35 persen. Penjualan Huawei meningkat dari 18,111 juta pada kuartal pertama 2015 ke angka 28,861 juta pada kuartal pertama 2016.

Selanjutnya ada Oppo, yang dianggap sebagai kuda hitam, mampu menigkatkan penjualan dengan menakjubkan. Oppo mampu menaikkan penjualan sebanyak 144,68 persen dari angka 6,585 juta pada kuartal pertama 2015 ke 16,112 juta pada kuartal pertama 2016.

Namun sayang, Xiaomi yang sudah menjadi primadona sebagian besar orang di dunia tidak menghasilkan performa yang baik. Namun tetap saja, kenaikan sebesar 2 persen masih bisa dianggap kenaikan yang cukup besar.

Namun perlu diingat, untuk volume peningkatan sendiri Samsung masih berada jauh di atas ketiga ponsel tersebut dengan kenaikan penjualan sebesar 64,1 juta unit.

Akan tetapi, tetap saja dengan presentase peningkatan yang tinggi ini tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti ada pabrikan asal China yang akan merajai pasar ponsel di dunia.

Bagai mana menurut Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah ini!

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section