1. HOME
  2. DIGITAL
FINANCE

Android Pay, Transaksi dan Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Android Pay mirip dengan transaksi uang tunai pada umumnya.

By Azalia Amadea 22 Mei 2016 09:35
Ilustrasi tarik tunia ATM (fastcompany.com)

Money.id - Google mengumumkan kehadiran sistem pembayaran tanpa menggunakan kartu ATM atau kartu kredit. Cukup sekali klik di layar smarphone, Anda dengan mudah bisa bertansaksi.

Demikian pengumuman Google dalam konferensi pengembang I/O di San Fransisco baru-baru ini. Caranya mudah dan sederhana, dengan menggunakan sistem pembayaran Android Pay. 

Dikutip laman Mashable, Minggu 23 Mei 2016, cara menarik uang tunai di ATM menggunakan Android Pay, mirip dengan transaksi uang tunai pada umumnya. Ketika transaksi dilakukan, tak perlu menggunakan atau memasukan ATM, cukup menyentuh layar ATM. 

Sebelumnya Android Pay memulai debut internasionalnya dengan meluncurkan sistem pembayaran transaksi mobile. Pengguna tinggal mengarahkan ponsel ke mesin pembaca khusus di kasir.

Setelah itu transaksi dan rincian pembayaran langsung muncul di layar ponsel. Android Pay juga telah didukung lebih dari 700.000 toko di Amerika Serikat dan kompatibel dengan semua sistem pembayaran elektronik 'contactless', seperti di Starbucks, Waitrose, dan stasiun transportasi umum. 

Syaratnya pengguna memiliki kartu dari salah satu bank pendukung. Di Inggris misalnya, layanan tersebut didukung oleh Bank of Scotland, First Direct, Halifax, HSBC, Lloyds Bank, M&S Bank, MBNA dan Nationwide Building Society.

Pesaing terberat Andorid Pay adalah Apple Pay dan lebih dahulu mengembangkan sayap ke seluruh bank dunia. Apple Pay sudah bisa ditemui di Singapura, Australia dan Tiongkok sejak awal tahun ini.

Namun sayangnya, sistem pembayaran Andorid Pay baru berlaku di Inggris menyusul Singapura dan Australia. Sementara sistem tarik tunai Andoid Pay baru diluncurkan di San Fransisco dan Bay Area.

Meski demikian, Google berjanji akan menambah lebih banyak lagi deretan nama bank di seluruh dunia yang akan diajak kerjasama. (els)

BACA JUGA

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section