1. HOME
  2. DIGITAL
TIPS KERJA

5 Hal yang 'Haram' Diunggah Para Pencari Kerja di Medsos

Anda tidak pernah benar-benar bisa menjamin kerahasiaan di dunia maya dengan pasti.

By Adhi 21 Mei 2016 09:05
Ilustrasi (business2community.com)

Money.id - Suka atau tidak, halaman media sosial adalah cerminan kesan pertama Anda. Dari sepotong kicauan di twitter, status Facebook, atau foto di Instagram, seseorang bisa dengan mudah membentuk opini terhadap pandangan pribadi dan pilihan gaya hidup Anda.

Sebelum Anda protes dan mengatakan bahwa media sosial hanya untuk bersenang-senang dan tidak seharusnya dianggap serius, bagaimana jika salah satu followers Anda adalah seorang recruiter

Anda tidak pernah benar-benar bisa menjamin kerahasiaan di dunia maya dengan pasti.

Karenanya, tetaplah berhati-hati dan hindari melakukan beberapa kesalahan ini jika ingin reputasi profesional Anda tetap cemerlang.

Berikut adalah beberapa hal yang 'haram' hukumnya Anda posting di media sosial jika sedang mencari pekerjaan:

1. Berkeluh kesah tentang pekerjaan

Mungkin Anda sudah tahu kalau poin yang satu ini pasti tidak boleh muncul di halaman media sosial Anda, baik itu keluhan terhadap tugas, atasan, atau kolega. Mereka mungkin tidak pernah melihatnya, tapi 'Bosan kerja' atau 'Malas kerja hari ini' bisa membuat calon perusahaan baru Anda menganggap Anda punya etika kerja yang lemah.

2. Beropini ofensif terhadap topik sensitif

Boleh-boleh saja Anda angkat bicara atau berdebat soal topik yang Anda minati, tapi ada baiknya Anda menghindari kalimat ofensif atau topik sensitif yang berisiko menyinggung beberapa individu atau komunitas. Selain mudah mengundang kesalahpahaman, opini kontroversial Anda mungkin tidak sejalan dengan budaya perusahaan baru.

Untuk lebih lengkapnya, simak di tautan berikut ini.

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section