1. HOME
  2. DIGITAL
STARTUP

Gandeng Bekraf, Blibli.com Gelar Kompetisi The Big Start Indonesia

Dalam kompetisi ini, para pengusaha kreatif berkesempatan memenangkan total modal usaha sebesar Rp1 miliar.

By Adhi 26 Juli 2016 16:31
Launching kompetisi The Big Start Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski Indonesia

Money.id - Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan The Big Start Indonesia yang merupakan web series kompetisi pertama yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik.

Kampanye yang berbentuk kompetisi digital ini dibuka untuk para pengusaha lokal yang kreatif, inovatif, dan unik serta memproduksi karya mereka sendiri dan telah dipasarkan.

Pendaftaran The Big Start Indonesia dibuka sejak awal bulan Juni 2016 hingga 10 Agustus 2016. Pada masa pendaftaran ini, para pengusaha kreatif diwajibkan untuk mendaftarkan produk dan mengisi data diri mereka di microsite.

Setelah itu, dari peserta yang masuk akan dipilih 100 orang finalis dan akan dikerucutkan kembali hingga 20 orang finalis. Dua puluh orang finalis ini akan mengikuti masa karantina yang akan direkam dan ditayangkan di kanal YouTube The Big Start Indonesia pada bulan September-Oktober 2016 setiap hari Selasa dan Kamis.

Dalam kompetisi ini, para pengusaha kreatif yang mendaftarkan produknya berkesempatan untuk memenangkan total modal usaha sebesar Rp1 miliar serta didaftarkan mereknya untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Serta mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli, dan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking.

Kampanye The Big Start Indonesia ini merupakan salah satu bentuk dari komitmen Blibli.com dan BEKRAF untuk mendorong generasi muda agar terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis mereka.

Hal ini dikarenakan banyaknya generasi muda Indonesia saat ini yang kreatif dan inovatif yang membangun bisnis sendiri dengan hasil karya yang unik dan berkualitas.

"Saat ini, semakin banyak generasi muda Indonesia yang mengeluarkan kreativitas mereka dan menuangkannya ke dalam bentuk bisnis. Bisnis ini mereka jalani dari awal, dari hanya mempromosikannya ke orang-orang terdekat mereka sendiri hingga menggunakan sosial media," kata Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com.

Kompetisi The Big Start Indonesia mendapatkan dukungan dari Bekraf. "Kami senang bekerja sama dengan Blibli.com dalam kampanye The Big Start Indonesia ini karena dengan kompetisi seperti ini, para pengusaha kreatif mendapat kesempatan untuk menunjukkan produk terbaik mereka, mendapatkan bimbingan langsung dari ahli bisnis, perlindungan kekayaan intelektual dan berkesempatan untuk memasarkan bisnis mereka ke tahap selanjutnya," ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf.

Sebagai bentuk dukungannya kepada The Big Start Indonesia, Bekraf akan memberikan sertifikat HKI kepada dua puluh orang finalis yang terpilih untuk masuk ke masa karantina. 

Selain Triawan Munaf, dua puluh orang finalis yang terpilih masuk masa karantina akan dibimbing oleh para mentor lainnya, seperti; Daniel Mananta, Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia, Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, dan Henry C. Widjaja, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Kampanye The Big Start Indonesia ini juga didukung oleh beberapa partners, yang di antaranya adalah Djarum Foundation, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Podomoro University, Google, Facebook. YouTube, dan Instagram.

Selama ini, Blibli.com selalu berkomitmen untuk memberdayakan pengusaha kreatif lokal untuk terus maju dan berkembang. Salah satu yang sudah dilakukan dengan menyediakan satu kategori khusus untuk produk lokal, dari total 15 kategori yang ada di situs Blibli.com, yang bernama Galeri Indonesia.

Kategori Galeri Indonesia ini dibuat untuk mempromosikan produk lokal karya pengusaha kreatif Indonesia ke pasar yang lebih luas.

Saat ini, sudah ada ribuan pengusaha kreatif yang sudah mendaftarkan produk mereka ke The Big Start Indonesia. “Kami harap, The Big Start Indonesia akan menjadi pemicu lahirnya pengusaha kreatif baru di Indonesia,” tutur Kusumo Martanto. (poy)

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section